Lompat ke konten

2 Cara Masuk Safe Mode di Windows 11 yang Praktis

Fitur Safe Mode sangat berguna saat mengatasi masalah dengan aplikasi dan perangkat. Driver, layanan, dan berbagai fungsi lainnya dinonaktifkan sementara dalam mode khusus ini untuk memastikan perangkat atau sistem memiliki stabilitas terbaik.

Selain itu, Safe Mode juga menyediakan sarana untuk menghapus malware dari sistem dan berfungsi sebagai pintu masuk yang memungkinkan jika lupa kata sandi akun pengguna.

Sama seperti operasis sistem yang lain, Windows 11 juga memiliki opsi menjalankan fungsi dari sistem operasinya, yang disebut Safe Mode. Ada beberapa cara mudah untuk masuk ke Safe Mode di perangkat Windows 11.

Simak selengkapnya apa yang sebenarnya terjadi saat menjalankan komputer dalam safe mode dan cara mengaktifkanya.

Apa itu Safe Mode?

Safe Mode adalah mode startup Windows terbatas yang dapat digunakan kapan saja untuk mencari solusi dari masalah yang ada. Berbeda dengan startup normal, tidak semua driver dan program dijalankan, tetapi hanya komponen dasar yang benar-benar diperlukan agar sistem dapat berjalan.

Driver yang ditinggalkan dalam Safe Mode termasuk driver perangkat untuk printer, scanner, atau kartu grafis. Selain itu, kedalaman warna dan resolusi secara otomatis diturunkan oleh sistem.

Untuk kemampuan Internet dalam Safe Mode, pengguna memiliki pilihan: baik masuk dengan dan memulai tanpa driver jaringan.

Safe Mode Windows 11 secara optimal cocok untuk mendeteksi dan memperbaiki kesalahan yang didasarkan pada program dan driver yang diinstal.

Cara Mengaktifkan Safe Mode Windows 11

Untuk memulai Safe Mode saat sistem sedang berjalan, ada dua opsi yang bisa dipilih, antara lain sebagai berikut:

1. Masuk Safe Mode dengan menggunakan msconfig.

2. Memulai Safe Mode dengan menggunakan Troubleshooter.

Persyaratan untuk kedua metode ini apabila sistem masih berfungsi. Jika tidak bisa lagi masuk ke sistem, cobalah metode instalasi atau nyalakan dan matikan komputer dengan cepat beberapa kali.

Melalui msconfig

Tool msconfig memungkinkan untuk mengelola autostart Windows 11. kamu dapat menggunakan aplikasi untuk menyesuaikan pengaturan startup sistem selama operasi dan juga untuk memaksa restart Windows 11 dalam Safe Mode. Begini caranya:

Cara termudah untuk memulai msconfig adalah melalui fungsi Run. kamu dapat mengakses ini baik melalui fungsi pencarian atau dengan kombinasi tombol [Windows] + [R]. Ketik msconfig dan konfirmasikan entri dengan mengklik OK.

Safe Boot Windows 11

Selanjutnya beralih ke tab Start. Agar Windows 11 berjalan dalam Safe Mode, beri tanda centang di samping Safe boot. Biarkan pada opsi default Minimal jika ingin memulai Safe Mode standar dan minimalis. Atau, kamu dapat memulai dengan driver jaringan dan memulai dengan command prompt .

Berikutnya konfirmasikan pengaturan startup sistem dengan menekan OK. Lalu pilih Restart untuk PC masuk dalam Safe Mode.

Melalui Troubleshooter

Fungsi Troubleshooter yang ada di Windows 11 memiliki banyak solusi. Di antaranya, kamu dapat menggunakannya untuk memulai Safe Mode biasa serta Safe Mode dengan command prompt. Disini kami telah merangkum langkah-langkahnya tersendiri:

Langkah 1: Masuk Advanced Startup

Jika ingin memulai Safe Mode Windows 11 yang dibatasi dengan bantuan troubleshooter, pertama-tama harus memulai permulaan sistem. Cara termudah untuk melakukannya adalah melalui tombol On/Off di menu Start.

Tombol Restart Windows

Tekan tombol Shift, lalu tekan tombol Restart dengan tombol kiri mouse. Windows 11 sekarang akan mati dan kemudian boot dalam mode startup extended.

Namun demikian, kamu juga dapat memulai Advanced startup melalui pengaturan sistem dengan mengikuti petunjuk di bawah ini:

  1. Buka menu Start (Mulai).
  2. Buka Settings (Pengaturan)
  3. Pilih entri Windows Update di menu sebelah kiri.
  4. Buka bagian Advanced options.
  5. Klik pada Recovery.
  6. Tekan tombol Restart now di bagian Advanced startup.
    Advanced startup Windows 11

Langkah 2: Pilih Start-up Settings

Setelah melakukan restart, Windows 11 akan reboot – tetapi alih-alih proses pemuatan yang biasa dan layar logon berikutnya, kamu sekarang disajikan dengan menu advanced startup dengan latar belakang biru. Pilih Troubleshoot.

Pada jendela berikutnya, klik tombol Advanced Options dan akses menu Start-up Settings.

Start up settings Windows

Windows menunjukkan sejumlah opsi untuk memulai ulang dalam dialog berikut. Lanjutkan dengan mengklik Restart. kamu sekarang dapat memulai Safe Mode Windows 11 baik dengan tombol angka atau dengan tombol fungsi.

Aktifkan Safe Mode Windows 11

Silahkan tekan 4 atau F4 untuk memulai tanpa atau 5 atau F5 untuk memulai dengan driver jaringan. Jika ingin menggunakan command prompt setelah startup, tekan 6 atau F6.

 

Cara keluar dari Safe Mode

Jika ingin beralih kembali ke mode normal Windows 11, biasanya cukup dengan me-restart PC. Jika Safe Mode masih aktif setelah reboot, kamu dapat mematikannya dengan alat msconfig seperti ini:

  1. Buka dialog Run melalui fungsi pencarian atau dengan kombinasi tombol Windows + R.
  2. Ketik msconfig dan konfirmasikan perintah dengan mengklik OK.
  3. Beralih ke tab Start. Hapus tanda centang di kotak centang Safe boot.
  4. Tekan OK. Konfirmasikan restart Windows untuk keluar dari Safe Mode.