Lompat ke konten

Cara Cek Generasi Prosesor Yang Digunakan Laptop atau PC

    Terkadang kita perlu mengetahui jenis, kecepatan dan generasi prosesor yang digunakan oleh perangkat kita. Ada beberapa alasan mengapa seseorang perlu mengetahui spesifikasi CPU (Central Processing Unit) pada komputer mereka.

    Mengetahui spesifikasi CPU dapat membantu dalam membandingkan kinerja laptop dan membuat keputusan membeli laptop baru. Selain itu, beberapa pengguna mungkin ingin meningkatkan kecepatan clock CPU mereka dengan cara overclocking. Sehingga memerlukan informasi tentang generasi prosesor yang dapat digunakan untuk menentukan apakah prosesor tersebut cocok untuk di-overclock.

    Selain itu, mengetahui jenis, tipe dan generasi prosesor juga dapat membantu dalam memutuskan apakah akan melakukan pembaruan perangkat keras seperti menambahkan RAM atau mengganti prosesor dengan yang lebih cepat.

    Apa pun alasannya, dalam panduan ini, kami akan membagikan cara memeriksa generasi laptop atau PC di Windows 10. Di sini, Teknodua akan menunjukkan 2 cara mudah memeriksa generasi prosesor atau CPU.

    Daftar Generasi Prosesor Intel

    Intel telah merilis beberapa generasi CPU selama bertahun-tahun, dengan setiap generasi memperkenalkan fitur-fitur baru dan peningkatan dari yang sebelumnya. Setiap generasi membawa mikroarsitektur baru, teknologi proses baru, dan set instruksi baru.

    Generasi CPU Code Name Tahun
    1st Gen Nehalem 2008
    2nd Gen Sandy Bridge 2011
    3rd Gen Ivy Bridge 2012
    4th Gen Haswell 2013
    5th Gen Broadwell 2014
    6th Gen Skylake 2015
    7th Gen Kaby Lake 2016
    8th Gen Kaby Lake R 2017
    9th Gen Coffee Lake 2017
    10th Gen Cannon Lake 2020
    11th Gen Tiger Lake 2021

    Cara Cek Generasi Prosesor di Windows

    Untuk mengetahui generasi prosesor, kita dapat mengecek tipe prosesor yang digunakan pada laptop dan melakukan pencarian di internet menggunakan tipe prosesor tersebut.

    Selain itu juga kita dapat cek melalui pengaturan sistem pada laptop untuk melihat informasi tentang prosesor. Biasanya pengaturan sistem terdapat di menu “Control Panel” atau “System Properties” pada windows.

    Atau jika menggunakan sistem operasi Linux, bisa dengan menggunakan perintah dasar seperti ‘lscpu’ atau ‘cat /proc/cpuinfo’ untuk mengetahui informasi mengenai prosesor yang digunakan.

    Untuk pengguna Windows, bisa mengikuti cara cek generasi prosesor Intel yang kami bagikan di bawah ini.

    Melihat Generasi Prosesor Melalui Pengaturan

    Melihat Generasi Prosesor Melalui Pengaturan

    Jika memiliki laptop atau PC yang menjalankan Windows 10 ke atas, kalian dapat mengetahui tipe dan generasi prosesor yang tersemat pada perangkat kalian.

    1. Buka Windows Setting
    2. Kemudian klik System.
    3. Pada layar berikutnya, gulir ke bawah dan klik About yang ada di panel kiri.
    4. Setelah itu, di panel kanan, akan muncul informasi terkait prosesor di laptop kamu.

    Setelah mengetahui merek dan model prosesor ,kamu bisa mendapatkan informasi tentang generasi prosesor tersebut dengan mengetik “Intel Core i5-7200” di Google. Di hasil pencarian, prosesor di laptop saya generasi ke 5.

    Memeriksa Generasi CPU Melalui Task Manager

    Memeriksa Generasi CPU Melalui Task Manager

    Metode lain untuk mengetahui generasi prosesor atau CPU adalah dengan menggunakan Task Manager. Setelah itu akan ditampilkan semua informasi CPUsecara terperinci seperti pembuatan dan banyak hal lainnya.

    Berikut cara cek generasi CPU menggunakan Task Manager di Windows:

    1. Klik kanan Taskbar dan pilih Task Manager.
    2. Kemudian arahkan ke tab Performance dan pilih CPU.
    3. Di sini semua detail tentang Generasi Intel Prosesor akan muncul.
    4. Sekarang catat CPU-nya lalu cari di Google informasi generasi prosesornya.

    Mengetahui Generasi Prosesor Dengan CMD

    Mengetahui Generasi Prosesor Dengan CMD

    Alternatif lain, kamu dapat mengetahui generasi prosesor yang digunakan oleh komputer Windows kamu dengan menggunakan Command Prompt (CMD). Berikut ini langkah-langkahnya.

    Buka Command prompt (CMD) dengan cara klik kanan pada Start menu dan pilih Command Prompt

    Kemudian ketik wmic cpu get name lalu enter. Dan selanjutnya akan muncul nama dan spesifikasi dari prosesor yang digunakan pada laptop kamu, termasuk generasinya.

    Kesimpulan

    Metode menggunakan Properti PC dan Task Manager ini dapat memberi kita informasi terperinci tentang hardware perangkat termasuk prosesor.

    Nah, ada baiknya untuk selalu mengetahui tentang prosesor dan generasi Intel, terutama jika ingin membeli PC atau laptop atau bahkan untuk menambah informasi umum tentang komputer.

    Demikianlah cara mengetahui generasi prosesor yang digunakan oleh laptop atau PC. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.