Lompat ke konten

Cara Mematikan Google Assistant di Hp Oppo

Google Assistant adalah asisten suara default di sebagian besar ponsel dan tablet Android. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk menggunakan suara atau teks untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan kita atau melakukan berbagai aktivitas tanpa melibatkan tangan.

Namun, terkadang Asisten Google dapat menjadi mengganggu dan muncul di layar secara otomatis tanpa alasan, sehingga menyebabkan kamu merasa terganggu dan terpaksa harus menonaktifkannya.

Asisten Google adalah asisten suara pintar milik Google untuk perangkat Android. Layanan ini menggunakan komunikasi dua arah dan kekuatan AI untuk menjawab pertanyaan pengguna secara real-time dan membantu pengguna menjalankan berbagai fungsi di smartphone.

Namun, meskipun merupakan alat yang sangat berharga di Android, Asisten Google terkadang bisa sedikit mengganggu. Ini mungkin terpicu saat kamu berbicara dengan seseorang atau memutar TV atau musik di latar belakang, yang bisa sangat mengganggu dan membuat kamu tidak memiliki pilihan lain selain menonaktifkan Google Assistant di smartphone Oppo.

Berikut panduan dengan instruksi untuk mematikan Google Assistant di Android dan menghentikannya agar tidak muncul secara otomatis.

Cara Menghentikan Asisten Google Tidak Muncul Secara Otomatis

Bergantung pada apakah Asisten Google terus muncul di Android kamu ketika frasa pemicunya—”Ok Google” dan “Hi Google”—dipanggil, atau hanya muncul secara acak, ada dua cara untuk menghentikan Asisten Google agar tidak muncul secara acak.

Pertama, dengan mematikan Asisten Google sepenuhnya. Kedua, nonaktifkan perintah “Ok Google” atau “Hai Google” di dalam pengaturan Google Assistant.

Menonaktifkan OK Google

Menonaktifkan OK Google
Jika kamu menggunakan Asisten Google untuk berbagai tugas secara teratur, mematikan opsi pemicu mungkin merupakan opsi yang lebih baik. Ikuti langkah-langkah ini untuk melakukannya di Android.

  1. Buka aplikasi Google di ponsel Android.
  2. Klik ikon profil di sudut kanan atas dan pilih Pengaturan.
  3. Pilih Asisten Google dari halaman Pengaturan.
  4. Di halaman profil, pilih Voice Match.
  5. Nonaktifkan tombol Ok Google di ponsel Android.

Setelah Google Assistant dinonaktifkan, mengucapkan “Hi Google” atau “Ok Google” di depan ponsel Android tidak akan memicu Asisten Google dan kemungkinan besar, mencegahnya muncul secara otomatis.

Mematikan Tombol Google Assistant di Oppo

Mematikan Tombol Google Assistant di Oppo
Terkadang kita tanpa sengaja kepencet tombol Home sehingga memunculkan Asisten Google. Tentunya ini cukup menganggu saat kita lagi mengakses sosial media ataupun menjalankan aplikasi lain. Berikut ini caranya memantikan tombol Google Assistant di Oppo.

  1. Silahkan buka menu Pengaturan.
  2. Lalu pilih App Management.
  3. Langkah selanjutnya tap Default App.
  4. Kemudian pilih Assist app.
  5. Terakkhir pilih None untuk matikan gesture Asisten Google saat menekan tombol home.

Mematikan Asisten Google di Android Lainnya

Jika kamu jarang menggunakan Google Assistant atau menonaktifkan pemicunya tidak memperbaiki masalah, kamu dapat sepenuhnya mematikan Google Assistant di ponsel Android dan melupakannya. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi Google.
  2. Ketuk ikon profil kamu di kanan atas dan pilih Pengaturan.
  3. Pilih Asisten Google di halaman Pengaturan.
  4. Gulir ke bawah dan klik Umum.
  5. Balikkan sakelar untuk Asisten Google dan klik tombol MATIKAN untuk mengonfirmasi penonaktifan Asisten Google.

Setelah menonaktifkan Asisten Google sepenuhnya, secara otomatis tidak akan muncul lagi di Hp. Ulangi langkah ini jika berubah pikiran dan memutuskan untuk mengaktifkannya lagi.

Menghentikan Pop-Up Asisten Google Secara Acak

Menonaktifkan pemicu Asisten Google mungkin merupakan cara terbaik untuk mengatasinya agar tidak muncul secara acak di Hp Oppo.

Ini memberi tahu Google Assistant untuk berhenti mendengarkan pemicu sambil tetap memungkinkan untuk terus menggunakan Asisten Google dan perangkat kamu tanpa gangguan. Namun, saat tidak berfungsi atau tidak tersedia mematikan Asisten Google juga berfungsi.

Demikian juga, jika kamu bukan penggemar perintah suara dan jarang menggunakannya, sebaiknya mematikan Google Assistant untuk berhenti diganggu oleh overlay acak. Atau jika kamu tidak suka Google mendengarkan percakapan kamu.

Demikianlah panduan cara mematikan Google Assistant di smartphone Oppo dan ponsel lainnya.