Lompat ke konten

Cara Mengambil Gambar Dari Video yang Sedang Diputar

Apakah kamu ingin mengambil gambar dari sebuah video di ponsel Android? Jika ya maka kamu berada di tempat yang tepat. Dalam panduan ini, kami akan membagikan 2 cara mudah untuk menyimpan gambar dari video yang ada di smartphone.

Video pada dasarnya adalah tayangan slide foto yang diputar dengan kecepatan sangat tinggi, memberikan kesan bahwa item tersebut bergerak. Lebih baik membuat film daripada mengambil satu foto. Selain itu dapat juga digunakan untuk mengekstrak gambar.

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa gambar yang direkam dari video tampak lebih baik daripada foto individual. Pernahkah kamu melihat foto orang yang sedang berjalan dalam gerakan lambat yang berhenti? Tampaknya benar-benar menakjubkan dan sinematik. Katakanlah kamu telah merekam video dan menyukai tampilan tertentu yang ingin digunakan sebagai wallpaper.

Untungnya, ada beberapa metode untuk menangkap gambar dari video yang sedang diputar. Cara ini tidak hanya di PC saja, ini juga dimungkinkan dengan menggunakan ponsel Android.

Cara Mengambil Gambar dari Video

Kita dapat menggunakan smartphone ambil gambar sebuah video dari Youtube, Instagram atau Tiktok dan memodifikasi gambar tersebut dalam resolusi HQ (High Quality).

Ada beberapa cara untuk mengambil gambar dari video di Android baik itu tanpa aplikasi maupun dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Jadi, jika ingin mengekstrak bingkai dari video, berikut adalah 3 metode terbaik.

Menggunakan Aplikasi Galeri

Ambil Gambar Dari Video via Galeri
Aplikasi galeri di sebagian besar perangkat Android memiliki fungsi bawaan yang memungkinkan pengguna mengambil gambar diam dari video. Nah, aplikasi Galeri besutan Samsung memiliki fungsi ini. Dan berikut cara melakukannya.

  1. Buka aplikasi Galeri di ponsel Samsung.
  2. Temukan video tempat kamu ingin mengambil tangkapan layar dari video.
  3. Putar video tertentu dan atur posisi pemutaran ke gambar yang diinginkan.
  4. Lalu tap tombol Snapshot di sudut kiri atas.
  5. Anda dapat menemukan tangkapan layar di aplikasi Galeri di folder Videocaptures.

Untuk pengguna yang merasa hasil tangkapannya kurang bagus, bisa mencoba menggunakan dua aplikasi yang TeknoDua.com bagikan di bawah ini.

Menggunakan Aplikasi Video to Photo Frame Grabber

Aplikasi Video to Photo Frame Grabber
Ada beberapa aplikasi Android pihak ketiga yang memungkinkan kamu mengekstrak gambar dari video yang direkam. Salah satu aplikasi yang populer adalah Video to Photo Frame Grabber yang ada di Play Store.

Video to Photo Frame Grabber adalah program dasar yang sudah lama ada di sektor ini, seperti namanya. Fitur utama aplikasi ini adalah dapat mengekstrak banyak bingkai dari satu video.

Aplikasi ini menawarkan UI yang mudah digunakan. Untuk melakukannya, cukup pilih video dari galeri dan tekan tombol Kamera di sudut kiri bawah. Gambar mungkin memerlukan beberapa saat untuk ditampilkan. Kamu juga dapat memperbesar subjek tertentu dan memilih area bidikan.

Menggunakan Aplikasi PLAYit

Tangkap Gambar Dari Video via Playit
Cara lain untuk mengambil tangkapan layar di smartphone Android adalah dengan menggunakan pemutar video pihak ketiga. PLAYit adalah pemutar video handal yang memungkinkan untuk melihat hampir semua video atau film. Dan kamu dapat melakukannya dengan cepat dan mudah, tanpa mengorbankan kualitas konten multimedia.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kalian hanya perlu memilih video apa pun dari perangkat dan melihatnya di layar ponsel. Selain itu, PLAYit memiliki fungsi menarik yang memungkinkan untuk mengambil screenshot pada momen favorit kamu dalam video dan menyimpannya di galeri smartphone.

  1. Buka pemutar video PLAYit dan putar video yang ingin kamu ekstrak bingkainya.
  2. Ketuk ikon gunting untuk mengambil tangkapan layar.
  3. Anda dapat menemukan tangkapan layar di aplikasi Galeri pada Folder Gambar.

Selain itu juga, kita dapat melihat video dalam mode layar penuh atau layar kecil, serta melihat semua detail tentang file yang sedang kamu lihat. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengatur kecerahan dan volume video, serta menempatkannya dalam gerakan lambat atau cepat.

Demikianlah 3 cara untuk mengambil gambar dari video di ponsel Android. Jika kamu saat ini menggunakan ponsel Samsung gunakan aplikasi Galeri sedangkan buat pengguna Android lainnya silahkan gunakan aplikasi PlayIt atau Video to Photo Frame Grabber dari Play Store.