Lompat ke konten

Cara Reset Hp Samsung Galaxy J5, J5 Prime, J5 Pro yang Mudah Dilakukan

Jika ingin ponsel Samsung kamu bisa bebas dari masalah-masalah yang sering terjadi, atau hanya ingin membersihkannya, kalian perlu melakukan apa yang disebut RESET.

Disebut demikian karena mengembalikan ponsel ke keadaan semula saat pertama kali menggunakannya. Seperti halnya setiap OS smartphone lainnya, Android memberi pilihan untuk menghapus ponsel atau tablet melalui menu pengaturan dan recovery mode.

Galaxy J5 banyak variannya ada yang versi tahun 2015, 2016, 2017 maupun versi Prime dan Pro. Kesemuanya ini telah dibekali dengan OS Android yang umumnya menggunakan Android Nougat.

Kesemua ponsel ini memiliki metode reset yang sama saja, bisa lakukan lewat menu pengaturan dan recovery mode. Untuk pengguna yang belum tahu caranya, silahkan ikuti beberapa cara reset Samsung J5 di bawah ini.

Cara Factory dan Hard Reset Samsung Galaxy J5

Sebelum melakukan reset pada Galaxy J5 kamu, sebaiknya membuat cadangan data dan konten yang penting. Kamu dapat menemukan daftar opsi pencadangan yang ada di pengaturan.

Melakukan reset tidak sesulit yang dibayangkan oleh banyak orang, jika sudah terbiasanya akan lebih mudah lagi. Dengan demikian kalian bisa mengatasi sendiri semua masalah pada ponsel tanpa perlu bantuan orang ketiga.

Melakukan Reset Lewat Pengaturan

Jika ingin memberikan ponsel ini ke orang lain ataupun menjualnya, sangat disarankan untuk melakukan factory reset agar semua data pribadi yang tersimpan di ponsel dapat dihapus dengan cepat.

Berikut ini cara factory reset Samsung Galaxy J5 melalui menu pengaturan:

Langkah 1: Silahkan buka Hp kalian lalu tap aplikasi Pengaturan. Lalu scroll ke bawah sampai menemukan opsi Manajemen Umum (General Management).

Pengaturan Manajemen Umum Samsung

Langkah 2: Di dalam menu Manajemen Umum, ada opsi Reset dan silahkan dibuka. Selanjutnya pilih Reset data pabrik atau Factory data reset.

Opsi Reset Data Pabrik Samsung

Langkah 3: Selanjutnya klik tombol Reset yang berwarna biru. Dan terakhir tap Hapus Semua Data yang ada di bagian bawah.

Tombol Reset Hapus Semua Data

Tunggu proses reset selesai dan jangan membatalkan prosesnya atau mematikan ponsel, untuk itu sebaiknya isi dulu baterai Hp sampai sekitar 60% lebih.

Selain itu, kamu juga bisa melakukannya untuk melegakan ruang penyimpanan ponsel yang sudah mulai penuh. Demikian juga dengan masalah seperti lemot, aplikasi tertutup, jaringan lambat dan lain sebagainya.

Namun, jika masalah terkait bootloop (stuck di logo), sering tiba-tiba mati sendiri atau masalah lainnya yang tidak memungkinkan kamu mengakses menu, silahkan gunakan metode hard reset lewat recovery mode di bawah ini.

Melakukan Reset Lewat Recovery Mode

Reset Samsung J5 Lewat Recovery Mode

Recovery mode adalah menu tersembunyi yang dapat kita akses dengan menggunakan kombinasi tombol volume, power dan home. Di mode recovery ada opsi wipe data yang berguna untuk mengembalikan kondisi ponsel ke pengaturan awal (semula).

Seperti ini langkah-langkah melakukan reset Samsung J5 melalui recovery mode:

  1. Langkah pertama, silahkan matikan dulu ponsel Galaxy J5.
  2. Jika sudah, tekan tombol Volume, Home dan Power secara berbarengan lalu tahan beberapa detik.
  3. Setelah muncul logo Samsung segera dilepaskan tekanan pada tombolnya.
  4. Nanti akan masuk ke mode Recovery berwarna hitam, silahkan gulir dengan menggunakan tombol Volume ke arah Wipe data / factory reset. Lalu masuk dengan tekan tombol Power.
  5. Selanjutnya arahkan lagi ke Factory data reset dan konfirmasi dengan tombol Power.
  6. Tunggu sampai wipe data selesai, jika sudah balik ke halaman awal lalu pilih Reboot system now.

Sekarang Hp Galaxy J5 kamu akan reboot ke menu utama, mungkin prosesnya reboot akan terasa lebih lama dari biasanya. Jika sudah berhasil masuk, silahkan setting kembali dan masukan akun Google sebelumnya.

Mereset Kunci Layar Samsung

Untuk kalian yang lupa dengna kunci layar baik itu kata sandi, pin maupun pola ada cara tersendiri agar bisa terbuka. Caranya juga cukup mudah asalkan Hp Galaxy J5 milikmu masih terhubung dengan akun Samsung kamu.

Kamu bisa melakukannya melalui PC ataupun dari Hp milik teman atau saudara. Untuk caranya lihat berikut ini.

Samsung Find My Mobile

Buka browser PC atau Hp lalu akses ke Situs Samsung Find My Mobile. Setelah itu login dengan akun Samsung yang dihubungkan dengan Galaxy J5.

Setelah itu akan muncul semacam peta, biarkan beberapa saat sampai ponsel kamu terlacak lokasinya. Untuk itu pastikan di Hp kalian masih terhubung akses internet baik itu data seluler atau Wifi.

Reset Kunci Layar Samsung J5

Jika sudah akan muncul tab yang berisi beberapa opsi, silahkan tap Unlock. Konfirmasi sekali lagi kemudian masukkan sandi akun Samsung dan klik Next untuk melanjutkan proses reset kunci layar.

Setelah selesai coba buka ponsel kamu dan buat pola atau PIN yang baru kembali.

Demikianlah beberapa cara reset Samsung Galaxy J5 yang mudah diterapkan untuk mengatasi segala macam problem pada hp kalian. Ketiga cara di atas dapat di terapkan di Hp Samsung J5 Pro maupun Samsung J5 Prime.