Lompat ke konten

Cara Aktifkan Virtualization di Laptop Dell Windows 10, 7, 11

Saat ini hampir semua perangkat PC dan laptop modern telah dibekali kemampuan perangkat keras virtualization yang membantu mempercepat Emulator, VirtualBox, Hyper-V, VMware, Windows Sandbox, dan perangkat lunak lain pada mesin virtual.

Jika kamu ingin menggunakan emulator Android di perangkat Windows seperti DELL, salah satu syaratnya adalah harus mengaktifkan Virtualization (VT) terlebih dahulu agar bisa berjalan dengan lancar.

Oleh karena itu, dalam panduan ini, kamu akan membagikan panduan cara mengaktifkan virtualization di laptop Dell Inspiron ataupun model lainnya. Namun, sebelumnya, izinkan kami menjelaskan terlebih dahulu apa itu Virtualization dan kelebihannya.

Apa itu Virtualization (VT)?

Virtualization Technology atau biasa disingkat VT adalah sebuah teknologi yang memungkinkan perangkat PC atau laptop untuk dijadikan mesin virtual seperti server, cloud, jaringan atau aplikasi lainnya. Contoh yang simpel adalah emulator Android seperti Bluestack, Memu Play, Nox Player dan lain sebagainya.

Teknologi ini merupakan cara paling efisien untuk mengurangi biaya dan juga meningkatkan produktivitas dan kelancaran menjalankan berbagai aplikasi. Oleh sebab itu, saat ini banyak perusahaan memvirtualizationkan infrastruktur mereka untuk mengurangi biaya perangkat keras dan tenaga kerja.

Dengan adanya teknologi ini, kita tidak perlu membeli perangkat keras fisik untuk menjalankan sistem operasi yang lain. Cukup menggunakan satu perangkat fisik dengan kemampuan virtualization dan menginstal berbagai sistem operasi.

Kelebihan Virtualization

Virtualization akan meningkatkan kelancaran, efisiensi, dan juga penghematan biaya yang substansial. Keserbagunaan beban kerja yang lebih besar, peningkatan efisiensi, dan fleksibilitas sumber daya, proses yang disederhanakan-ini semua adalah kelebihan virtualization yang membuat TI lebih mudah dikelola dan lebih murah untuk dimiliki dan dijalankan.

Cara Mengaktifkan Virtualization Di Laptop Dell

Dell adalah salah satu produsen laptop yang cukup populer di indonesia bahkan di dunia. Rata-rata laptop Dell telah dibekali dengan teknologi virtualisasi.

Ada dua cara untuk mengaktifkan VT di laptop Dell yakni melalui BIOS dan Pengaturan. Jika ingin mengetahuinya lebih lengkap, berikut cara mengaktifkan virtualization pada Laptop Dell dari BIOS:

Aktifkan VT Dari Bios

  1. Langkah pertama matikan laptop Dell kamu.
  2. Setelah itu tekan tombol F2 saat muncul logo Dell di layar.
  3. Sekarang, klik dua kali Virtualization Support.
    Virtualization Support Dell
  4. Kemudian scroll ke bawah dan pilih Virtualization.
    Opsi Virtualization di BIOS Dell
  5. Berikutnya aktifkan opsi Enable Intel virtualization Technology.
    Enable Intel virtualization Technology
  6. Setelah itu tap Apply. Selanjutnya akan muncul popup “Are you sure that you want to apply your changes?”, silahkan klik OK dan virtulisasi telah berhasil di aktifkan.

Catatan: Nama menunya terkadang berbeda-beda ada yang hanya tertulis “Virtual“, “VT-X“. Sedangkan di chipset AMD namanya SVM atau Secure Virtual Machine Mode.

BIOS Dell Inspiron Terbaru

Tekan F2 untuk langsung masuk ke pengaturan BIOS Dell lalu navigasikan ke menu Virtualization, lalu aktifkan opsi Enable Intel virtualization Technology (VT). Atau jika laptop dell kamu menggunakan chipset AMD, biasanya diberi nama SVM MODE

Demikianlah cara mengaktifkan virtualization di BIOS pada laptop Dell Inspiron. Seperti yang dinyatakan, tergantung pada versi BIOS di PC kamu, langkah-langkah yang diperlukan untuk memungkinkan virtualization dapat berbeda dari yang di atas.

Aktifkan VT Lewat Pengaturan

Jika laptop Dell kamu menggunakan Windows 8.1, Windows 10 atau Windows 11, dapat mengaktifkan Virtualization melalui pengaturan. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Hidupkan laptop Dell lalu masuk ke Settings.
  2. Lalu cari dan pilih opsi Update and Security.
  3. Berikutnya pilih Recovery.
  4. Langkah selanjutnya pilih TroubleShoot kemudian klik Advanced Options.
  5. Kemudian klik opsi UEFI Firmware Settings dan Restart.
  6. Setelah masuk BIOS, temukan opsi Intel Virtualization Technology atau SVM lalu pilih Enable.
  7. Terakhir simpan pengaturan dan reboot laptop kamu.

Jika tidak menemukan opsi virtualisasi, coba mencari opsi seperti Intel VT-X atau AMD-V yang ada di bagian System Configurations, CPU Configurations, Security, Advanced, Processor dan periksa apakah opsi diaktifkan atau dinonaktifkan.

Cara Cek Virtualization Telah Aktif

Untuk menyakinkan apakah fitur VT ini telah aktif di laptop Dell, silahkan cek dengan mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengetahui apakah teknologi virtualization telah di aktifkan atau dinonaktifkan pada laptop Dell.

  1. Klik kanan pada Taskbar kemudian pilih Task Manager.
  2. Klik pada tab Performance dan pilih CPU dari sisi kiri.
  3. Lihat apakah virtualization adalah Enabled atau Disabled.

Demikianlah informasi tentang cara mengaktifkan VT (Virtualization) di laptop atau PC Dell. Semoga dengan adanya panduan ini bermain game kalian menjadi lebih lancar dan juga emulator Android bisa bekerja dengan sempurna.

Tag: