Lompat ke konten

Cara Mengaktifkan TPM dan Secure Boot di Laptop Dell

    Jika saat ini kamu sedang mempertimbangkan untuk menginstal Windows 11 di laptop, kamu harus mengaktifkan TPM 2.0 dan Secure Boot.

    Microsoft telah meluncurkan Windows 11 ke PC dan laptop baru yang dikirimkan dengan Windows 10. Sedangkan untuk perangkat keras yang lebih lama, ada beberapa persyaratan minimum yang harus terpenuhi sebelum upgrade Windows 11.

    Persyaratan ini termasuk menjalankan prosesor AMD atau Intel yang didukung, kemampuan secure boot, RAM minimal 4GB dan penyimpanan 64GB, dan TPM 2.0 harus diaktifkan pada perangkat. Kalian dapat cek apakah sistem pada perangkat sudah mendukung Windows 11 atau tidak dengan bantuan tool PC Health Check dari Microsoft.

    Jika Secure Boot maupun TPM 2.0 belum di aktifkan saat menginstal Windows 11, kemungkinan akan mengalami kegagalan. Oleh sebab itu kami akan membagikan cara mengaktifkan TPM 2.0 dan Secure Boot di PC Windows.

    Apa itu Secure Boot?

    Secure Boot adalah protokol yang memungkinkan jalur yang aman dan tepercaya selama proses boot Windows. Protokol ini memverifikasi bahwa kode yang dimuat firmware pada motherboard adalah kode yang diinginkan pengguna untuk dimuat komputer. Dengan kata lain, ini memverifikasi bahwa kode berbahaya belum disisipkan oleh rootkit atau mekanisme serupa di tempat kernel yang telah diinstal pengguna.

    Secure Boot merupakan bagian dari Unified Extensible Firmware Interface (UEFI). Protokol ini mendefinisikan proses yang mencegah pemuatan driver, boot loader, atau modul kernel yang tidak ditandatangani.

    Ketika Secure Boot diaktifkan, boot loader sistem, Windows, dan semua modul kernel harus ditandatangani secara kriptografis dengan kunci pribadi. Hal ini memungkinkan mereka untuk diautentikasi dengan kunci publik yang sesuai.

    Apa itu TPM?

    Trusted Platform Module (TPM, juga dikenal sebagai ISO/IEC 11889) adalah standar internasional untuk prosesor enkripsi yang aman. TPM adalah mikrokontroler khusus yang melindungi perangkat keras dengan mengintegrasikan kunci kriptografi. Chip TPM terintegrasi ke dalam motherboard PC atau ditambahkan ke CPU.

    Kunci kriptografi tidak dapat diubah kecuali peretas tahu persis apa yang mereka miliki sebelumnya. Chip TPM berinteraksi dengan berbagai mekanisme keamanan pada PC. Untuk memberikan akses kepada pengguna, semua perangkat, baik pembaca sidik jari atau pengenalan wajah Windows Hello, harus berkomunikasi dengan TPM.

    Ada dua jenis keamanan: keamanan perangkat lunak dan keamanan perangkat keras. Jika dilakukan dengan benar, keamanan perangkat lunak adalah cara yang efektif untuk menghentikan peretas agar tidak menyusup ke sistem. Namun, karena perangkat lunak pada dasarnya lebih fleksibel — kodenya dapat diperbarui — selalu ada kemungkinan peretas yang cerdik atau eksploitasi dapat ditemukan, yang memungkinkan penyerang mengakses informasi penting.

    Cara Mengaktifkan Secure Boot di Bios Dell

    Cara Mengaktifkan Secure Boot di Bios Dell

    Di sini, Anda akan mempelajari cara mengaktifkan Secure boot dari pengaturan BIOS di Windows 10. Jadi, tanpa membuang waktu, berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkannya dari pengaturan BIOS:

    1. Pertama restart PC atau Laptop.
    2. Setelah itu segera tekan F2 untuk langsung menuju BIOS.
    3. Selanjutnya pilih Boot Configuration dari sisi kiri dan kemudian Aktifkan Secure Boot yang ada di bawah.

    Cara Cek Secure Boot

    Cara Cek Secure Boot

    Untuk memastikan secure boot telah berhasil diaktifkan, kamu bisa cek melalui System Information yang ada di Windows. Berikut ini langkah-langkahnya.

    1. Tekan tombol Windows + R untuk membuka Run.
    2. Ketik msinfo32 dan tekan enter.
    3. Sistem Information akan terbuka, dan System Summary harus dipilih secara default.
    4. Di sisi kanan layar ini, cari BIOS Mode serta Secure Boot State. Jika Secure Boot diaktifkan, Mode BIOS akan menampilkan “UEFI,” dan status Secure Boot akan menampilkan “On“.

     

    Cara Aktifkan TPM 2.0 (PTT) di Dell Inspiron

    Cara Aktifkan TPM di Dell Inspiron

    Beberapa sistem Dell tidak menyertakan modul TPM (Trusted Platform Module), mereka mengandalkan PTT (Platform Trust Technology). PTT adalah alternatif yang lebih murah daripada TPM yang memiliki fungsi yang sama. Tidak banyak perbedaan antara TPM dan PTT dalam hal bagaimana mereka berinteraksi dengan bit locker dari sudut pandang OS.

    1. Matikan laptop lalu hidupkan kembali dan segera tekan F2 untuk langsung masuk ke Dell BIOS.
    2. Pilih Security dari panel sisi kiri dan kemudian aktifkan Intel Platform Trust Technology.
    3. Setelah mengaktifkan PTT dan Secure Boot, klik EXIT di pojok kanan bawah.
    4. Jika Anda diminta itu Do you want to save changes?? Cukup, Pilih Yes.

    Konfirmasi TPM 2.0 Telah Aktif

    Setelah TPM diaktifkan, alangkah baiknya jika kamu konfirmasi terlebih dahulu apakah sudah benar-benar aktif. Silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

    1. Klik kanan pada Start menu tombol lalu pilih device Manager.
    2. Pilih Security devices .
    3. Konfirmasikan Trusted Platform Module 2.0.

    Kesimpulan

    TPM adalah perangkat yang penting untuk keamanan sistem dan perangkat. Dengan peningkatan sistem Windows yang terus menerus dan meningkatnya perhatian terhadap keamanan, TPM memainkan peran yang semakin penting. Jika komputer dilengkapi dengan chip TPM tetapi tidak diaktifkan, sebaiknya mengaktifkannya dengan mengikuti petunjuk dalam artikel ini.

    Demikianlah langkah-langkah untuk mengaktifkan TPM 2.0 (PTT) dan Secure Boot di laptop Dell Inspiron dari pengaturan BIOS.