Lompat ke konten

Cara Cek Kesehatan Baterai Hp Samsung A32

Baterai adalah salah satu komponen dasar pada smartphone tanpa ini perangkat kita tidak bisa dijalankan. Meskipun memiliki batas waktu pemakaian, namun setidaknya kita perlu menjaga kesehatan baterai itu sendiri.

Seperti yang kita ketahui, perangkat Apple seperti iPhone dan iPad memiliki fitur yang disebut Battery Health yang menunjukkan masa pakai baterai yang tepat atau kesehatan baterai perangkat iOS dalam persentase.

Di sisi lain, perangkat Android seperti Samsung tidak memiliki fitur seperti iOS. Perangkat Android hanya menyediakan informasi terkait baterai, tidak ada mekanisme untuk menilai kesehatan baterai.

Sebagian besar smartphone yang ada di pasaran menggunakan baterai lithium. Baterai jenis ini memiliki masalah yang umum seperti akan menurun seiring waktu, kapasitas pengisian daya juga akan berkurang dan siklus pengisian ulang.

Oleh sebab itu, dalam panduan ini, kami akan membagikan informasi 3 cara efektif untuk memeriksa kesehatan baterai pada Hp Samsung.

Cara Cek Kesehatan Baterai Hp Samsung A32

Samsung selalu menjadi pemimpin pasar dalam hal perangkat seluler. Banyak aplikasi-aplikasi yang disediakan Samsung ataupun dari Play store untuk membantu pengguna memaksimalkan kemampuan ponsel Samsung.

Adanya aplikasi Samsung Members di smartphone kita akan memudahkan untuk mendapatkan akses ke informasi unik termasuk diagnostik perangkat, dukungan, dan komunitas mealui aplikasi ini. Selain itu juga, kita dapat berkomunikasi dengan pengguna Samsung lainnya.

Selain berita teknis, aplikasi ini berisi kiat dan metode untuk menjadikan Samsung lebih baik. Jika Anda adalah penggemar Samsung, aplikasi ini harus dimanfaatkan.

Berikut ini beberapa cara mudah mengetahui kesehatan baterai Hp Samsung. Silahkan simak informasinya di bawah ini.

Melalui Samsung Members

Salah satu cara termudah untuk memeriksa kesehatan baterai atau masa pakai baterai pada perangkat Samsung Galaxy adalah menggunakan aplikasi Samsung Members.

Berikut langkah-langkah untuk memeriksa kesehatan Baterai Samsung Galaxy dengan aplikasi Samsung Members.

Buka aplikasi Samsung Members di Hp Samsung. Aplikasi ini sudah diinstal sebelumnya di semua ponsel Samsung.

Ketuk opsi Get Help dari bagian bawah layar dan pilih Diagnostics. Lalu tap Battery status.

Battery Status Samsung

Selanjutnya akan muncul informasi yang terkait dengan baterai ponsel Samsung seperti Daya baterai, Umur, Kapasitas dan Pengisian daya. Dalam hal masa pakai baterai atau kesehatan baterai, Anda akan mendapatkan informasi seperti Good, Normal atau Weak (lemah).

Menggunakan Aplikasi CPU-Z

Cpu-z Battery Status
CPU-Z adalah software paling populer di komputer dan menyediakan semua jenis informasi hardware. Anda mendapatkan jenis RAM, ukuran, frekuensi NB, waktu siklus, dan banyak lagi pada antarmuka yang sederhana.

Aplikasi pendeteksi perangkat keras yang kuat didasarkan pada driver perangkat lunak mode kernel yang mengumpulkan informasi secara real-time. Aplikasi ini sangat cepat sehingga tidak perlu menunggu lebih lama lagi. Dan Anda dapat menggunakan fitur dari aplikasi ini untuk mengetahui kesehatan baterai ponsel.

  1. Download dan instal CPU-Z dari Google Play Store.
  2. Setelah terinstal, luncurkan aplikasi dan navigasikan ke tab BATERAI .
  3. Sekarang, cek kesehatan baterai ponsel Android Anda.

Menggunakan AccuBattery

AccuBattery adalah salah satu aplikasi populer untuk mengetahui lebih lanjut tentang baterai di perangkat Android. Meskipun tidak memberikan informasi sebanyak aplikasi khusus root, ini adalah monitor kesehatan baterai terbaik untuk pengguna Android yang tidak di-rooting.

Setelah beberapa siklus pengisian, halaman ‘Kesehatan’ aplikasi akan mulai menampilkan perkiraan kapasitas baterai Anda saat ini. Selama sesi pengisian, nilai ini akan menjadi lebih akurat.

Untuk baterai baru yang masih fresh, aplikasi biasanya akan menunjukkan kesehatan baterai sebesar 95 persen. Saat menentukan bagaimana kinerja baterai ponsel saat ini, Anda harus mengingat margin itu. Apa pun di atas 80% dianggap baik, selama ponsel itu berumur dengan baik. Ketika suhu turun ke 70-an dan Anda akan melihat penurunan kapasitas, dan jika hal tersebut terjadi itu berarti perlu mengganti baterai baru.

AccuBattery ini tentunya tidak 100% akurat karena tidak memiliki data baterai langsung pada tingkat sistem. Ketika saya mendapatkan baterai baru, aplikasi mengatakan dalam kondisi baik, dengan peringkat kesehatan 95 persen berdasarkan kapasitas 4.200mAh-nya.

Aplikasi iuni juga menampilkan tingkat pengisian dan pemakaian baterai per jam, suhu, keausan baterai per siklus pengisian daya, dan riwayat pengisian dan pemakaian. Anda juga dapat mengonfigurasi peringatan agar berbunyi saat daya baterai mencapai 80%.

Kesimpulan

Aplikasi Samsung Members cukup akurat menampilkan informasi terkait masa pakai baterai smartphone Galaxy. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan AccuBattery atau CPU-z untuk memantau kesehatan baterai ponsel.

Demikianlah cara cek kesehatan baterai pada Hp Samsung A32 baik itu tanpa aplikasi maupun dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.Jika informasi ini berguna silahkan bagikan ke teman-teman Anda.