Lompat ke konten

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Android 11 dan USB Debugging

Operasi sistem Android 11 hadir dengan beberapa fitur baru serta perubahan UI yang signifikan. Jadi mungkin kita akan menemukan opsi baru untuk melakukan tugas yang sama seperti pada Android 10. Dan kali ini TeknoDua akan membagikan panduan dasar untuk pemula tentang cara mengaktifkan opsi pengembang dan USB debugging di Android 11.

OS Android terkenal karena memiliki banyak fitur yang dapat kita gunakan untuk lebih memaksimalkan penggunaan smartphone. Tetapi ada beberapa opsi tersembunyi seperti Developer Options yang memerlukan cara tersendiri untuk mengaktifkan.

Bahkan setelah mengakses fitur tersembunyi tersebut, Kita juga harus tahu bagaimana cara menggunakannya. Namun, jangan khawatir karena panduan berikut akan menjelaskan secara detail mengenai Opsi Pengembang dan fitur apa saja yang terdapat di dalamnya.

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang di Android 11

Pengaturan Opsi Pengembang Android 11
Jika berniat membuka kunci bootloader atau me-root ponsel, kamu harus mengetahui tentang Opsi Pengembang. Ini adalah Pengaturan lanjutan yang tersembunyi dimana memiliki banyak pengaturan tambahan seperti mengubah Animasi, overlay HW USB Debugging dan banyak opsi lanjutan lainnya.

Pengaturan pada Opsi Pengembang tersebut hanya berguna jika kamu mengetahui tentang fitur-fiturnya. Jadi fitur ini sebenarnya bukan untuk pemula, hanya khusus untuk para developer. Itu sebabnya, opsi ini letaknya tersembunyi.

Opsi pengembang tersedia di semua ponsel Android tetapi secara default memang sengaja dinonaktifkan. Jadi jika kamu ingin menggunakan opsi pengembang maka simak baik-baik panduan di bawah ini. Pengaturan ini tidak banyak berubah jika dibandingkan dengan Android 10 sehingga langkah-langkah hampir sama.

Berhubung sebagian besar smartphone Android menggunakan UI khusus, langkah-langkahnya berikut bisa sedikit berbeda. Tapi pada dasarnya sama saja.

  1. Pertama, buka menu Settings di ponsel.
  2. Lalu pergi ke Sistem> About Phone.
  3. Di About Phone, cari Build Number dan ketuk 7-8 kali berturut-turut.
  4. Setelah langkah ketiga, akan muncul keterangan “You Are Now A Developer“.
  5. Kemudian kembali ke pengaturan utama dan pergi ke Sistem >> Lanjutan.
  6. Di Pengaturan Lanjut, kamu akan menemukan Opsi Pengembang.

Note: Jika Anda masih tidak dapat menemukan opsi tersebut, coba langsung cari melalui kolom pencarian yang disematkan di pengaturan.

Sekarang opsi pengembang telah aktif di smartphone Android 11 kamu. Penempatan Pengaturan sangat mirip dengan Android 10 jadi ini seharusnya tidak menjadi masalah besar.

Opsi pengembang menghadirkan banyak fitur berguna yang dapat kmau gunakan untuk penyesuaian lanjutan. Sekarang mari kita lanjut ke panduan berikut tentang cara mengaktifkan USB Debugging.

Cara Mengaktifkan USB Debugging di Android 11

USB Debugging Android 11
Seperti yang saya sebutkan di atas, ada banyak fitur lanjutan di Developer Options. Dan USB Debugging adalah salah satu fitur penting yang memungkinkan pengguna untuk mengakses Hp melalui PC (Screen Mirroring), menulis perintah ADB dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan perintah ADB, kita dapat menghapus aplikasi yang tidak memiliki opsi Uninstall di perangkat Android Anda. Dari semua opsi yang ada di Developer Option, USB debugging paling banyak digunakan.

Sekarang silahkan ikuti langkah-langkah cara mengaktifkan USB Debugging di perangkat Android 11.

  1. Pertama, buka Pengaturan di Android.
  2. Lalu masuk ke Sistem >> Lanjutan >> Opsi Pengembang.
  3. Setelah itu, gulir ke bawah sedikit dan aktifkan USB debugging.
  4. Jika sudah aktif, hubungkan Hp ke PC. Nanti di Hp akan muncul perintah Izinkan USB Debuging. Silahkan tap OK.
    Allow usb debugging

Selain USB Debugging, ada banyak lagi opsi lanjutan lainnya di pengaturan Pengembang seperti OEM Unlocking, reboot lanjutan, Mock Location, Scala Animation, dan lain sebagainya. Kamu dapat mencoba berbagai opsi yang tersedia untuk mengetahui lebih lanjut tentang fitur tersebut.

Jadi begitulah, panduan lengkap tentang cara mengaktifkan opsi pengembang di Android 11 dan juga USB Debugging. Jika memiliki pertanyaan, beri tahu Teknodua melalui kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.