Lompat ke konten

Cara Defragment Disk Laptop Windows 10, 8 dan 7

Secara sederhana, defragment atau defragging adalah proses menata ulang file pada hard disk untuk akses yang lebih cepat. Pada artikel ini, Teknodua.com memberikan panduan lengkap langkah demi langkah tentang cara mendefrag hard disk komputer.

Jika laptop atau PC mulai berjalan lambat atau berperilaku aneh, atau telah menggunakannya secara terus-menerus tanpa memberikan perawatan yang tepat, hard disk mungkin terfragmentasi.

Untungnya, ada cara mudah untuk mendefrag hard disk dan meningkatkan kinerja laptop. Sebelum lanjut ke prosesnya, ada baiknya kenali dulu lebih dalam tentang defragment ini.

Apa itu defragment disk?

Defragment mengelola penyimpanan di komputer dengan mengkonsolidasikan file dan data lain yang tersimpan di hard disk. Ketika tidak ada cukup ruang pada disk untuk menyimpan seluruh file di satu tempat, file dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil yang disebut fragmen. Defragmentasi menyatukan kembali potongan-potongan itu.

Apakah defrag itu aman?

Defragment hardisk tradisional aman dan mudah, dan itu membuat disk tetap sehat. Defragmentasi rutin dan tugas pemeliharaan lainnya membantu komputer berjalan dengan lancar, dan risiko kerusakan perangkat keras atau file minimal, bahkan jika prosesnya terputus di tengah jalan.

Apakah perlu mendefrag SSD?

Tidak perlu mendefrag SSD. Dan jangan khawatir jika tidak yakin apakah laptop menggunakan SSD atau HDD. Saat menjalankan proses defragmentasi, Windows akan memberi tahu jika menggunakan hard disk atau SSD. Jika menggunakan SSD, tombol Optimize pada layar defrag akan melakukan apa yang disebut operasi TRIM, bukan defragmentasi standar.

TRIM memberi tahu SSD blok data mana yang tidak lagi diperlukan dan dapat digunakan kembali misalnya, setelah menghapus file. Saat berikutnya aplikasi menulis data ke penyimpanan, blok data tidak perlu dihapus terlebih untuk memberi ruang. Itulah salah satu cara SSD meningkatkan kinerja dan mengurangi keausan.

Cara Defrag Disk Laptop dan PC Windows

Mungkin saat ini Defrag disk terdengar sudah kuno, yang biasanya direkomendasi saat menjalankan Windows 98 pada komputer Pentium. Pada saat itu, Defrag menjadi rutin dilakukan ketika sistem mulai lemot.

Tetapi meskipun banyak yang sudah mengabaikannya, defragment masih diperlukan untuk kinerja yang ideal, dan ini dapat menyelamatkan kita dari keharusan membeli hard disk baru.

Silahkan mengikuti cara mendefrag harddisk di Windows 10, 8, dan 7 dan menjaganya agar selau berjalan lancar tanpa ada hambatan.

Windows 10 dan Windows 8

Cara Defrag Windows 10

Mendefrag hard disk di Windows 10 dan Windows 8 sangat mudah, dan membantu mengatur file di hard drive. Berikut cara mendefrag laptop atau komputer:

  1. Klik Start di sudut kiri bawah layar dan ketik kata defrag.
  2. Kemudian pilih Defragment and Optimize Drives dari daftar opsi.
  3. Klik Optimize. Ini menganalisis tingkat fragmentasi disk dan menjalankan proses defragmentasi. Mungkin akan memakan waktu beberapa jam sampai selesai. Saat dalam proses, jangan melakukan banyak pekerjaan di PC, bisa sambil browsing internet.
  4. Ketika proses defragmentasi selesai, kamu akan melihat OK di kolom Current status.

Windows 7

Cara Defragment Windows 7

Berikut cara mendefrag hard disk laptop atau pc yang menjalankan Windows 7:

  1. Klik Startbola di sudut kiri bawah dan ketik defrag.
  2. Kemudian pilih Disk Defragmenter dari hasil pencarian.
  3. Klik Defragment diskuntuk memulai proses defragmentasi./li>

Jika kamu memiliki banyak file di sistem kamu, atau jika komputer kamu belum didefrag selama beberapa saat, ini bisa memakan waktu hingga beberapa jam. Biarkan berjalan dan jangan diganggu.

Apa Fungsi Defrag?

Defragment membalikkan proses yang digunakan komputer untuk memecah data saat menyimpan file ke hard drive. Defragging memformat ulang drive, merakit kembali file yang terfragmentasi saat ditulis atau disimpan ke disk.

Untuk memahami bagaimana defragment memengaruhi kinerja PC, mari kita lihat anatomi hardisk tradisional. Hard drive terbuat dari komponen mekanis, dengan beberapa cakram ditumpuk di atas satu sama lain dan berputar melalui poros.

Disk ini juga disebut piringan berisi data. Untuk mengambil data, komputer mengakses disk menggunakan header baca/tulis mirip dengan piringan hitam.

Seiring waktu, jumlah data terfragmentasi yang tersebar di seluruh komponen mekanis hard drive dapat tumbuh sangat tinggi. Defragmentasi menyatukan kembali potongan-potongan data yang terpisah tersebut. Hasilnya file disimpan terus menerus, yang membuat komputer lebih cepat membaca disk dan mengambil file yang dibutuhkan, meningkatkan kinerja PC secara keseluruhan.

Kapan Harus Melakukan Defrag

Sebagian besar versi Windows seperti Windows 7 dan Windows 10 mendefrag hard disk secara otomatis. Tetapi jika mesin terus bekerja, Windows tidak akan pernah melakukan tugas latar belakang ini. Itulah mengapa mengetahui cara mendefrag laptop ini sangat membantu.

Di salah satu komputer saya, proses defragmentasi otomatis tidak berjalan selama 12 hari dan 25% terfragmentasi. Dan ini memiliki efek negatif pada kinerja, dan defragging menghasilkan manfaat langsung dan nyata.

Cara lain untuk mempercepat komputer kamu dan meningkatkan kinerja termasuk menggunakan alat pembersih registri atau menjeda proses latar belakang untuk mengurangi kebisingan kipas PC.

Kesimpulan

Defragment adalah cara yang bagus untuk menjaga laptop selalu berjalan normal, tetapi itu hanyasalah satu bagian dari kebersihan Windows. Untuk lebih membersihkan dan mengoptimalkan komputer kamu, bisa juga menggunaka program pihak ketiga untuk melakukan pekerjaan tersebut.