Lompat ke konten

Cara Lock 4G Samsung A32 Agar Jaringan Tidak Beralih

Pada bulan Febuari 2021 silam, Samsung secara resmi memboyong smartphone kelas menengah Galaxy A32 ke Indonesia dengan varian 4G dan 5G. Ponsel ini di hadirkan untuk memenuhi kebutuhan akses internet yang cepat bagi penggunannya.

Kebutuhan akan internet semakin hari semakin meningkat, kita di tuntut untuk memiliki paket data yang besar untuk beraktivitas dengan smartphone. Selain kuota internet, kita juga perlu memiliki perangkat yang sudah mendukung jaringan berkecepatan tinggi minimal 4G LTE.

Meskipun smartphone Samsung A32 ada yang sudah support 5G, namun untuk di indonesia jaringan ini masih sangat minim area jangkauannya. Jadi, bisa dibilang untuk saat ini kita masih mengandalkan jaringan 4G.

Bagi kamu yang penasaran bagaimana cara lock 4G only di Samsung Galaxy A32, maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung Galaxy A32

Kecepatan internet 4G sebenarnya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan akses internet lewat ponsel. Namun, lagi-lagi area jangkuannya yang masih kurang sehingga banyak pengguna yang sulit mendapatkan jaringan 4G yang stabil pasalnya sering sekali beralih ke 3G.

Untuk mengatasi jaringan 4G LTE yang tidak stabil, salah satu cara dengan mengunci 4G di Samsung A32 kamu. Ada beberapa cara agar sinyal tidak berpindah ke 3G atau 2G. Silahkan simak panduan di bawah ini.

Mengubah Pengaturan Network Mode

Network Mode 4G Samsung A32
Kita bisa mengatur jenis jaringan 4G di Hp Samsung melalui pengaturan network mode. Meskipun cara ini tidak permanen tetapi cukup ampuh untuk selalu mendapatkan sinyal 4G. Silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Buka Pengaturan atau menu Settings.
  2. Kemudian pilih Connections.
  3. Selanjutnya pilih Mobile Networks.
  4. Berikutnya tap Network Mode.
  5. Silahkan pilih 4G/3G/2G (Auto Connect) sedangkan untuk pengguna Samsung A32 5G pilih 5G/4G/3G/2G.

Dengan metode ini memungkinkan kamu masih bisa menerima telepon meskipun Volte tidak aktif tetapi cara ini tidak permanen. Jika ingin permanen gunakan aplikasi pihak ketiga seperti di bawah ini.

Menggunakan Aplikasi Force LTE Only (4G/5G)

Force LTE Only Samsung A32
Satu-satunya aplikasi pihak ketiga yang mampu kita gunakan untuk mengunci 4G adalah Force LTE Only. Aplikasi ini sudah mendukung smartphone berbasis Android 11 seperti Samsung A32 ini. Untuk caranya juga sangat mudah tanpa perlu melakukan root.

  1. Pertama-tama install aplikasi Force LTE Only (4G/5G) terbaru dari Google Play Store.
  2. Jika sudah, buka aplikasi tersebut lalu pastikan kamu centang Accept usage policy.
  3. Setelah itu akan muncul beberapa metode penguncian jaringan.
  4. Silahkan pilih Method2: (Android 11).
  5. Selanjutnya scroll ke bawah sampai menemukan opsi Set Preferred Network Type lalu pilih LTE Only atau NR Only untuk mengunci 5G.

Metode ini hanya bisa di terapkan di SIM 1 saja, untuk SIM 2 sampai saat ini masih belum ada aplikasi yang mampu mengakalinya.

Agar setelah di kunci bisa menerima dan melakukan panggilan telepon, kamu harus mengaktifkan fitur Volte di Samsung A32. Dan jika jaringan tetap lemot, coba lakukan reset jaringan terlebih dahulu.

Kesimpulan

Perlu diingat jika di Lock 4G, akan menyebabkan ponsel akan selalu mencari sinyal 4G sehingga akan menguras baterai jika berada pada area yang tidak tercover 4G, Samsung kamu akan cepat panas.

Demikianlah beberapa cara lock 4G only di Samsung Galaxy A32 baik itu melalui pengaturan ataupun aplikasi tambahan. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat di terapkan.

Simak juga beberapa tips bermanfaat dari TeknoDua lainnya seperti cara mengambil screenshot Galaxy A32 pada artikel sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.