Lompat ke konten

Cara Masuk Recovery dan DFU Mode di iPhone 12

iPhone 12 merupakan salah smartphone dari Apple yang mana ada empat varian. Semua smartphone ini hadir dengan layar tanpa bezel dan tidak memiliki tombol beranda.

Tidak mengherankan karena Apple telah lama meninggalkan tombol beranda untuk perangkat terbaru mereka. Tetapi jika kamu sebelumnya menggunakan iPhone dengan tombol beranda, maka panduan ini cocok untuk kamu. Di sini akan tahu cara masuk ke mode DFU dan recovery.

iPhone 12 series mengusung desain yang mirip dengan model lama tetapi tidak menyertakan tombol home seperti iPhone generasi lawas. Jadi caranya akan berbeda dengan iPhone dengan tombol home. Ada tiga tombol fisik pada ponsel termasuk volume bawah, volume atas, dan tombol samping. Kita dapat menggunakan tombol-tombol ini untuk tujuan yang berbeda selain mengontrol volume.

Tidak banyak pengguna yang tahu bahwa ada berbagai mode yang jarang digunakan oleh pengguna iPhone. Mode ini adalah mode pemulihan dan mode DFU. Jika kamu pernah melakukan jailbreak pada, pasti sudah mengetahui mode ini. Dan untuk masuk iPhone ke recovery mode dan DFU mode, kita bisa menggunakan kombinasi tombol.

Sebelum kita mulai, sebaiknya pahami apa itu mode recovery dan DFU serta bagaimana cara menggunakannya.

Apa itu Mode Recovery?

Mode Reovery adalah mode lanjutan yang digunakan untuk mengatasi masalah iPhone. Biasanya digunakan untuk memperbaiki masalah terkait perangkat lunak seperti tidak dapat membuka aplikasi atau bootloop.

Selain itu juga sering kali digunakan untuk memulihkan dan memperbarui iPhone. Biasanya berguna dalam kondisi tertentu bahkan ketika iPhone tidak dapat digunakan atau macet di layar.

Apa itu mode DFU?

DFU adalah singkatan dari Device Firmware Update dan digunakan untuk terhubung dengan iTunes. Sebenarnya recovery juga berinteraksi dengan iTunes tetapi mode DFU tidak memuat sistem operasi iPhone yang juga dikenal sebagai bootloader.

Dengan DFU memungkinkan pengguna untuk memulihkan iPhone atau digunakan untuk downgrade versi iOS. Jadi ini adalah mode lanjutan khusus untuk pengguna yang terbiasa dengan mode ini.

Persyaratan:

  • Lakukan backup dulu karena melakukan prosedur dalam mode pemulihan atau DFU dapat menghapus data.
  • kabel lightning
  • iTunes atau Finder versi terbaru

Sekarang simak panduan pertama kami yaitu cara mem-boot iPhone 12 ke mode Recovery.

Cara Masuk ke Recovery iPhone

Recovery Mode iPhone 12

  1. Pertama, sambungkan iPhone 12 kamu ke Mac atau PC Windows.
  2. Jika terhubung untuk pertama kalinya silahkan klik Trust di iPhone 12 lalu masukkan kode sandi untuk melanjutkan.
  3. Setelah terhubung, tekan dan lepaskan tombol Volume UP .
  4. Sekarang tekan dan lepaskan tombol Volume Down.
  5. Kemudian tekan dan tahan tombol samping sampai muncul gambar animasi kabel dan PC.
  6. Sekarang akan menampilkan prompt di Mac atau PC kamu untuk opsi untuk restore dan update.

Jika kamu melihat dua opsi ini di PC kamu, itu berarti telah berhasil masuk ke mode pemulihan.

Kamu dapat menggunakan opsi update jika kamu ingin memperbaharui versi iOS kamu. Jangan khawatir, semua data tidak akan dihapus. Tapi untuk restore, sebaiknya backup dulu.

Sekarang silahkan menyimak cara mem-boot iPhone ke mode DFU dengan cara yang paling mudah.

Cara Masuk ke mode DFU iPhone

Cara Masuk ke mode DFU iPhone 12

  1. Hubungkan iPhone 12 ke komputer menggunakan kabel Lightning.
  2. Ini akan meminta iPhone untuk opsi untuk mempercayai perangkat, jadi klik tombol Trust juga, masukkan kode sandi.
  3. Sekarang tekan dan lepaskan tombol Volume Naik segera.
  4. Kemudian tekan dan lepaskan tombol Volume Turun.
  5. Selanjutnya, tekan dan tahan tombol samping selama sekitar 10 detik.
  6. Sambil menahan tombol samping juga tahan tombol volume bawah selama 5 detik.
  7. Sekarang lepaskan tombol Samping, tetapi tahan tombol Volume Turun selama 10 detik.
  8. Ketika muncul layar hitam, itu berarti iPhone 12 dalam mode DFU .

Sebuah jendela akan muncul dengan pesan “Mac telah mendeteksi iPhone dalam mode pemulihan. IPhone ini harus dipulihkan sebelum digunakan. “

Sekarang dapat menggunakannya untuk tujuan yang berbeda. Ini sebagian besar digunakan oleh pengembang untuk melakukan banyak opsi lanjutan. kamu juga dapat menggunakannya jika memang tahu fungsinya.

Berbagi Pengalaman Selama Menggunakan Mode DFU dan Recovery

Jika sebelumnya kamu tahu cara masuk iPhone ke DFU dan recovery menggunakan tombol Home. Nah, panduan ini akan sangat membantu jika beralih ke iPhone yang lebih baru seperti iPhone 12. Karena tidak ada tombol beranda di iPhone X atau iPhone yang lebih baru, kamu perlu menggunakan tombol yang berbeda untuk mem-boot iPhone ke recovery mode dan DFU mode.

Demikianlah panduan lengkap tentang cara masuk ke DFU mode dan langkah-langkah untuk mem-boot iPhone 12 ke recovery mode. Ada baiknya kamu simak juga tips lainnya yang mungkin akan berguna seperti cara update aplikasi di iOS 14.