Lompat ke konten

Cara Restore Chat Whatsapp yang Terhapus di Android dan iPhone

Dengan Whatsapp kita dapat mengobrol dengan seseorang, dan terkadang obrolan tersebut menjadi sesuatu yang spesial bagi kita. Nah, jika tanpa sengaja chat tersebut terhapus, tenang saja TeknoDua akan membagikan beberapa cara untuk mengembalikannya.

Cara agar chat WhatsApp dapat dipulihkan di Android atau iOS bergantung pada apakah kamu telah mengarsipkan atau menghapusnya.

Namun, ada solusi untuk mengatasinya, meskipun dalam kasus obrolan yang dihapus, harus sudah membuat cadangan chat terlebih dahulu. Sehingga memungkinkan untuk mentransfer chat WhatsApp dari ponsel lama.

Cara Mengembalikan Chat WA yang diarsipkan

Jika sebelumnya kamu telah mengarsipkan chat, akan lebih mudah lagi untuk mengembalikan semua obrolan yang telah terhapus. Silahkan pilih sesuai dengan operasi sistem yang kalian gunakan.

iPhone

Jika kamu telah mengarsipkan obrolan WhatsApp di iPhone, tetapi sekarang ingin mengembalikannya ke riwayat obrolan, ikuti langkah-langkah ini.

Langkah 1: Setelah membuka WhatsApp, nanti akan disajikan dengan gambaran umum dari obrolan kamu. Geser jari ke bawah secara vertikal di sini sehingga bidang pencarian muncul di bagian atas. Kemudian ulangi prosedur ini untuk memunculkan bidang Obrolan Diarsipkan.

Langkah 2: Setelah memilih “Obrolan yang Diarsipkan”, kamu akan melihatnya dalam daftar. Temukan chat WhatsApp yang ingin dikembalikan, dan geser ke kiri sekali dengan jari kamu.

Langkah 3: Sekarang akan muncul dua opsi. Ketuk Batalkan untuk mengembalikan obrolan WhatsApp yang dipilih. Seharusnya sekarang ditampilkan di antara obrolan aktif kamu lagi setelah tindakan ini.

Android

Obrolan yang telah kamu kirim ke arsip di Android dapat dikembalikan lagi ke daftar obrolan dengan mengikuti beberapa langkah. Oleh sebab itu, kami akan membagikan cara melakukannya.

Langkah 1 : Silahkan buka aplikasi WhatsApp, nanti akan disajikan dengan semua chat yang ada di dalam daftar. Pada bagian atas ada opsi yang disebut Diarsipkan (Archived) di sebelah kotak dengan panah mengarah ke bawah. Silahkan tap opsi tersebut. Jika tidak ada obrolan di arsip WA, opsi ini tidak akan ditampilkan.

Langkah 2: Setelah melihat obrolan WhatsApp yang diarsipkan. Tekan dan tahan jari pada chat yang ingin dipulihkan. Tanda centang kecil akan muncul di sebelah ikon obrolan, dan sebuah kotak dengan panah mengarah ke atas akan muncul di sudut kanan atas. Ketuk yang terakhir dan obrolan tidak lagi diarsipkan.

Mengembalikan Pesan WA Yang Terhapus Melalui Cadangan

Mengembalikan Chat Wa Dari Cadangan
Umumnya Whatsapp akan selalu mencandangkan semua percakapan kita. Tentunya bertujuan agar pengguna dapat lebih mudah untuk mengembalikan semua chat yang telah terhapus. Berikut ini caranya.

Di iPhone

Jika ingin memulihkan riwayat obrolan dan menghapus pesan WA di iPhone dengan cadangan, kamu harus membuatnya terlebih dahulu menggunakan iCloud. Jika tidak, kamu tidak akan dapat memulihkannya. Ikuti langkah-langkahnya berikut.

Langkah 1: Untuk memulihkan riwayat obrolan melalui cadangan, terlebih dahulu cek apakah cadangan semacam itu ada. Untuk melakukan ini, buka Pengaturan di WhatsApp, lalu pilih Obrolan dan terakhir Cadangan Obrolan.

Langkah 2: Jika login dengan iCloud, kamu sekarang akan melihat tanggal dan waktu backup terakhir. Jika tidak ada login, pilih kotak petunjuk kuning dan ikuti petunjuk yang tercantum di dalamnya untuk mengaktifkan backup ke iCloud.

Langkah 3: Jika kamu memiliki cadangan iCloud, cukup dengan menghapus dan menginstal ulang WhatsApp. Setelah memasukkan nomor telepon, akan muncul cadangan. Ketuk Pulihkan di sudut kanan atas dan yang terakhir, masukkan nama profil. Riwayat obrolan sekarang dipulihkan.

Di Android

Sebagai pengguna Android, ada dua opsi cadangan untuk memulihkan pesan WhatsApp lama dan juga yang dihapus. Cara pertama adalah melalui cadangan lokal, yang secara otomatis mencadangkan chat setiap sehari sekali, tetapi juga dapat dilakukan secara manual di bawah pengaturan. Cara kedua bekerja dengan bantuan Google Drive. Simak panduannya berikut ini.

Langkah 1: Di Android, buka aplikasi File Manager dan buka Penyimpanan Internal> Android> media> com.WhatsApp> WhatsApp> Database. Di sini kamu sekarang akan melihat berbagai file cadangan msgstore dari obrolan WhatsApp kamu.

Restore Backup WA Android

Langkah 2: Pilih file msgstore yang berisi tanggal yang ingin dipulihkan obrolan WhatsApp sebelumnya. Selanjutnya, ketuk tombol tiga titik di kanan atas dan “Ganti nama” untuk memberi nama file msgstore.db.crypt14.

Langkah 3: Langkah selanjutnya adalah menghapus dan menginstal ulang WhatsApp. Kemudian akan diberi tahu bahwa cadangan lokal telah ditemukan. Jika memiliki cadangan WhatsApp yang dibuat dengan Google Drive, maka kamu juga akan ditawarkan cadangan ini. Ketuk “Pulihkan” dan obrolan WhatsApp lama akan tersedia lagi.

Transfer Riwayat WhatsApp Antar Perangkat

Jika kamu telah membeli telepon baru dan sekarang bertanya-tanya bagaimana cara mentransfer riwayat obrolan WhatsApp ke sana, ada tiga opsi yang bisa dilakukan.

Dalam Sistem operasi yang sama

Jika Angin mentransfer obrolan WhatsApp dari ponsel lama ke ponsel lain dengan jenis yang sama – yaitu, Android ke Android atau iPhone ke iPhone – kamu dapat melakukannya menggunakan cadangan yang sudah disajikan.

Untuk melakukan ini, kamu hanya perlu mengunduh cadangan Google Drive atau iCloud di WhatsApp ponsel baru. Namun, ini hanya berfungsi jika menggunakan nomor telepon yang sama (dan ID Apple) seperti pada perangkat lama.

iOS ke Android

Bahkan jika ponsel lama kamu adalah iPhone dan yang baru adalah Android, tidak ada yang menghentikan kamu untuk mentransfer obrolan WhatsApp. Di bawah Pengaturan, ada opsi Pindahkan obrolan ke Android” yang memungkinkan mentransfer pesan teks dan media dengan mudah.

Android ke iOS

Mentransfer dari Android ke perangkat iOS sedikit lebih ribet. Dalam hal ini, kamu perlu menggunakan utilitas komputer berbayar seperti dr.fone atau Backuptrans Android WhatsApp to iPhone Transfer.

Setelah menginstalnya, aktifkan opsi debugging USB di Android, tetapi harus membatalkannya nanti setelah transfer berhasil. Terakhir, gunakan dua kabel USB untuk menautkan Android lama dan iPhone baru ke komputer dan mulai mentransfer data WhatsApp.

Demikianlah beberapa cara mengembalikan chat WA yang terhapus di Android maupun iPhone. Semoga apa yang TeknoDua.com bagikan diatas.