Lompat ke konten

3 Cara Reset Samsung A10 Ke Pengaturan Pabrik

Tidak perlu khawatir jika saat ini Samsung A10 kamu mengalami masalah pasalnya di smartphone ini telah disematkan fitur factory reset. Untuk itu, disini kami coba uraikan secara lengkap langkah-langkah melakukan reset di Hp Samsung Galaxy A10.

Samsung memperkenalkan Galaxy A10 pada awal Februari 2019, dan hadir dengan layar HD+ 6,2 inci resolusi HD Plus dengan kerapatan 271 ppi. Sedangkan pengolah grafisnya sudah menggunakan GPU ARM Mali-G71 dan untuk penyimpanan tersedia memori internal 32 GB, jika dirasa kurang masih ada slot MicroSD hingga 64 GB.

Kapasitas RAM 2GB Samsung Galaxy A10 cukup mampu menjalankan semua jenis aplikasi sehingga tetap dapat bekerja sebagaimana mestinya. Dikombinasikan dengan sistem operasi Android 9.0, sehingga kinerja ponsel Samsung ini lebih baik. Semuanya akan berjalan lancar dengan dukungan baterai 3400 mAh.

Perangkat Android biasanya telah dibekali dengan opsi untuk mengembalikan ke pengaturan pabrik. Opsi reset ini sangat membantu dikala pengguna merasakan ponselnya tidak berjalan secara normal. Untuk mengetahui lebih lengkap cara reset Samsung A10, silahkan simak baik-baik tutorial berikut.

Tutorial Cara Reset Samsung A10 / A10s

Samsung A10 memiliki varian lainnya yakni A10s yang tidak jauh berbeda baik itu spesifikasi maupun cara melakukan reset. Kita bisa mereset ponsel ini dengan dua cara, pertama factory reset dan hard reset.

Mungkin beberapa pengguna Galaxy A10 akan bertanya mengenai kedua cara reset tersebut. Untuk itu, bagi yang ingin tahu mengenai caranya maka dapat mengikuti panduan berikut ini.

Factory Reset Galaxy A10

Reset Samsung A10

  1. Buka Settings>> General Management.
  2. Langkah selanjutnya pilih Reset>> Factory Data Reset.
  3. Berikutnya pilih tombol Reset>> Delete All untuk konfirmasi.
  4. Nanti Samsung A10 kamu akan restart dan memulai proses reset.
  5. Tunggu sekitar 3 sampai 5 menit sampai prosesnya selesai.

Biasanya cara ini digunakan untuk mengatasi masalah lag atau penyimpanan ponsel yang mulai penuh. Namun, jika Anda tidak dapat mengakses menu pengaturan karena hang atau bootloop. Silahkan gunakan cara hard reset berikut ini.

Hard Reset Galaxy A10

Hard Reset Samsung A10

  1. Pastikan baterai ponsel Samsung kamu tersedia sekitar 50%.
  2. Sekarang tekan tombol Volume Atas kemudian tekan Power dan tahan kedua tombol tersebut selama beberapa detik.
  3. Lalu lepaskan kedua tombol tersebut.
  4. Setelah masuk ke mode recovery, pilih opsi Wipe data / Factory reset. Untuk memilih gunakan tombol Volume dan tombol Power untuk masuk ke menu.
  5. Selanjutnya pilih opsi Yes.
  6. Tunggu hingga selesai dan setelah itu pilih Reboot System Now.
  7. Hp Samsung A10 kamu akan restart.

Reset melalui recovery ini merupakan cara terbaik saat smartphone kamu mengalami stuck atau hang di logo Samsung. Hampir semua smartphone Android bisa menggunakan metode reset ini.

Namun, setelah di hard reset, kamu harus login kembali dengan akun Google. Jika sudah lupa akan selamanya tidak bisa masuk ke layar beranda.

Reset Lock screen

Sedangkan cara berikut ini, khusus buat pengguna yang layar ponselnya terkunci karena lupa pola, pin atau kata sandi. Kamu bisa membukanya tanpa perlu melakukan reset dengan demikian, semua data dan file akan aman.

Cara ini membutuhkan akun Samsung dan juga fitur Find My Mobile dan Remote Unlock telah kamu aktifkan. Di sini kita akan melakukan reset lock screen dari jarak jauh (membutuhkan akses internet).

Silahkan masuk ke FindMyMobile dengan menggunakan akun Samsung yang sinkron dengan Galaxy A10 kamu.

Setelah itu, tap menu Unlock yang ada di panel sebelah kanan. Tap Unlock sekali lagi lalu, kamu akan diminta mengisi ulang kata sandi akun Samsung. Jika sudah klik tombol Next dan dalam beberapa detik kunci pola atau pin akan langsung terbuka.

Demikianlah beberapa langkah cara reset Hp Samsung A10 dan A10s yang mudah untuk dilakukan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jika ingin mendapatkan tips menarik yang lain coba simak cara screenshot Samsung A10 yang telah kami posting sebelumnya.