Lompat ke konten

Cara Reset Samsung J6 dan J6 Plus untuk Mengatur Ulang

Galaxy J6 merupakan smartphone yang cukup menghebohkan saat dijual oleh Samsung di Indonesia dengan harga lebih murah dibandingkan pesaingnya. Smartphone ini dibekali dengan baterai 5.000 mAh yang mampu bertahan beberapa jam dalam penggunaan normal dalam sekali pengisian daya.

Selain itu, Samsung telah mempercayakan perangkat ini dengan prosesor Octa-Core Exynos 7 Octa 7870. Sehingga tidak mengherankan apabila ponsel Galaxy J8 2018 ini mempunyai kinerja tangguh. Dan juga, dukungan memory RAM 3GB yang memungkinkan pengguna menjalankan aktivitasnya makin lancar.

Meskipun begitu, bukan tidak mungkin HP sekelas ini dapat mengalami masalah dan performanya semakin menurun. Sebelum kamu berpikir untuk dijual atau diservis, langkah pertama yang bisa dilakukan dengan mengatur ulang ke pengaturan pabrik atau factory reset.

Namun, beberapa pengguna ponsel ini mungkin bertanya mengenai cara reset Samsung J6 yang baik dan benar. Untuk itu, bagi yang ingin tahu caranya maka dapat melihat tutorial berikut.

Panduan Cara Reset Samsung Galaxy J6

Dari spesifikasi memang tergolong terbaik, tetapi bukan berarti bisa bebas dari error seperti kena virus, crash, panas saat data hidup maupun mentok di logo Samsung. Oleh karena itu, Samsung membekali fitur reset untuk mengatasi error tersebut.

Namun, kamu perlu melakukan back up terlebih dahulu, bisa menyimpannya ke SDcard atau ke Google Drive atau Samsung Cloud. Nah, bagaimana cara back up data pada Samsung J6 sebelum melakukan reset? silahkan simak caranya di bawah ini:

Back UP Data / File di Samsung

  1. Buka menu Settings lalu pilih Accounts and backup.
  2. Pilih Backup and restore kemudian tap Back up my data lalu aktifkan.
  3. Kembali ke halaman Backup and resetore lalu pilih Backup account.
  4. Pilih akun yang akan kamu gunakan untuk backup ke Google Drive lalu tap OK.
  5. Kembali lagi ke halaman Accounts and backup lalu tap Account.
  6. Sekarang pilih akun Google kamu lalu tap Sync kemudian tap tiga titik di pojok kanan atas.
  7. Berikutnya pilih Sync now dan tunggu sinkronisasi selesai.

Proses sync ini memakan waktu cukup lama tergantung kecepatan internet dan ukuran data yang di backup. Pastikan juga kuota internet masih banyak.

Reset Network Settings

Reset Network Settings Samsung
Jika Wifi, bluetooth atau internet seleuler tidak terhubung, sebelum melakukan factory reset sebaiknya lakukan reset jaringan terlebih dahulu.

  1. Masuk ke Pengaturan atau Settings.
  2. Pilih General management.
  3. Pilih Reset lalu tap Reset Network Settings.
  4. Setelah itu pilih SIM1 atau SIM2 yang akan di seret.
  5. Jika sudah tap tombol Reset Settings.

Wipe Data Lewat Recovery

Wipe Data Samsung J6
Apabila ponsel milikmu mati hidup sendiri, tidak bisa di sentuh atau hanya terdiam di logo Samsung, Solusinya adalah dengan melakukan hard reset. Kamu cukup masuk ke mode recovery lalu tap wipe data. Berikut langkah-langkah selengkapnya.

  1. Sebelumnya, pastikan baterai ponsel minimal 40 persen dan Galaxy J6 kamu dalam keadaan mati.
  2. Tekan kombinasi tiga tombol sekaligus Home, Power dan Volume Atas beberapa detik.
  3. Tunggu sampai logo Samsung muncul dan masuk ke Recovery Mode.
  4. Pilih Factory reset / wipe data lalu pilih Factory data reset.
  5. Tunggu hingga proses reset selesai hingga ada tulisan Data wipe complete di bawah layar.
  6. Sekarang pilih Reboot System Now.

Untuk mengakses antar menu di recovery, gunakan tombol Volume dan untuk masuk ke menu gunakan tombol Power. Jika salah satu tombol ponsel kamu rusak, sehingga tidak memungkinkan untuk masuk recovery, coba ikuti tips di sini cara masuk recovery mode Samsung.

Reset Data Pabrik Melalui Pengaturan

Jika Samsung J6 kamu hanya mengalami hang atau lemot cukup gunakan opsi reset data pabrik yang ada di pengaturan. Seperti ini caranya.

  1. Buka menu Pengaturan.
  2. Klik menu Manajemen umum.
  3. Pilih Reset.
  4. Pilih Reset Data Pabrik.
  5. Tap tombol Reset lalu konfirmasi dengan mengetuk tombol Hapus semua.
  6. HP Samsung J6 akan restart dan memasuki proses booting.

Cara factory reset ini juga dapat kamu gunakan untuk menghapus semua data saat ingin memberikan atau menjual Hp kamu ke orang lain. Agar data-data kamu yang tersimpan benar-benar terhapus lakukan 2 sampai 3 kali.

Bagaimana Cara Reset Samsung J6 yang lupa Password atau Pola?

Untuk pengguna yang lupa dengan pola atau password pada layar, kamu bisa membukanya tanpa perlu menghapus data. Cukup gunakan fitur Find My Device. Jika fitur tersebut sebelumnya telah diaktifkan, silahkan ikuti caranya di bawah ini.

  1. Silahkan buka halaman situs findmymobile.samsung.com, bisa melalui Hp lain atau perangkat PC.
  2. Login dengan akun Samsung yang sinkron dengan Galaxy J6 yang terkunci pola.
  3. SEtelah masuk, tunggu beberapa saat sampai ponsel kamu terdetek lokasinya. Untuk itu pastikan internet di Samsung J6 kamu masih aktif.
  4. Jika sudah, pilih Unlock lalu tap sekali lagi tombol Unlock untuk konfirmasi.
  5. Selanjutnya masukan password akun samsung lalu ketuk Next.

Jika tidak ada halangan kunci pola atau password akan langsung terbuka. Kamu juga bisa melakukan factory reset lewat Find My Mobile, caranya tinggal pilih Erase Device.

Kesimpulan

Factory reset fungsinya bermacam-macam seperti mengembalikan performa smartphone seperti sedia kala, membersihkan penyimpanan, menghilangkan virus dan lain sebagainya. Oleh karena itu, penting untuk melakukan factory reset secara benar.

Akan tetapi, jika tak dilakukan dengan benar, justru Hp kamu akan tambah masalah seperti data penting terhapus karena tidak melakukan backup, masalah jaringan, aplikasi jadi tidak bisa dibuka, makanya pastikan langkah reset dilakukan dengan benar sehingga tak perlu keluar ongkos lagi.

Sekian dulu cara reset HP Samsung Galaxy J6 yang benar dan efektif. TeknoDua.com harap panduan ini berguna buat teman-teman. Simak juga tips menarik lainnya seperti Cara Mengaktifkan USB Debugging Samsung yang pernah kami bahas di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.