Lompat ke konten

Cara Screenshot Samsung A03s Dengan & Tanpa Tombol

Pada saat tertentu kita membutuhkan screenshot suatu informasi atau momen yang terlihat di layar ponsel. Bagi pengguna Hp Samsung Galaxy A03s, ada tiga metode yang gampang untuk melakukannya.

Dengan Samsung A03s, Anda dapat dengan nyaman menikmati konten. Begitu juga saat Anda sedang berselancar di dunia maya. Agar daya tak cepat habis, dibekali baterai 5000 mAh yang tergolong cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Performa HP ini tentu dapat diandalkan untuk pemakaian sehari-hari, mulai dari chatting-an hingga membuka sosial media. Dengan RAM 3GB/4GB, Anda dapat melakukan multitasking dengan layak. Selain itu, memori penyimpanan 32GB/64GB juga tergolong besar untuk HP sekelas ini.

Dilihat dari ukuran layarnya, tidak berbeda dengan Samsung Galaxy M02 yang sama-sama mempertahankan layar dengan bentang 6,5 inci. Meski dimensi layar yang digunakan masih sama, namun ponsel ini memiliki resolusi layar yang lebih baik sehingga mampu menghasilkan kualitas visual yang tajam dan natural. Resolusi layar Samsung A03s adalah 720 x 1600 dengan kerapatan 270 ppi.

Cara Mengambil Screenshot Samsung A03s

Cara Screenshot Samsung A03s
Cara screenshot Samsung A03s mungkin masih banyak yang belum tahu karena suatu alasan. Padahal, untuk mengambil screenshot di ponsel ini sangat mudah dengan beberapa cara yang bisa dilakukan pengguna.

Sekarang, untuk membuat screen capture bisa dilakukan dengan cepat. Pengguna bisa menggunakan cara screenshot bawaan dari Samsung A03s ataupun menginstall aplikasi khusus untuk mengambil gambar pada layar.

Smartphone ini dibekali oleh Samsung dengan OS One UI 3.1 berbasis Android 11. Ada beberapa cara mengambil screenshot Samsung A03s.

Screenshot Menggunakan Tombol

Semua HP Samsung dibekali fitur tangkapan layar dengan menggunakan tombol fisik. Pada umumnya, pengguna ponsel masih menggunakan fitur ini. Pastikan sesuai petunjuk di bawah ini, supaya berhasil cara screenshot menggunakan tombol Hp.

  1. Pastikan ponsel Samsung milik sobat dalam kondisi menyala.
  2. Selanjutnya, tentukan area / halaman yang akan Anda screenshot.
  3. Setelah itu tekan tombol Power dan Volume Down secara bersama-sama.
  4. Nanti layar akan berkedip dan bunyi kamera.
  5. Kemudian muncul gambar hasil screenshot.
  6. Cek lewat aplikasi Galeri, apakah hasil screenshot telah berhasil disimpan.

Meski metode ini agak ketinggalan jaman karena ada cara lain yang lebih canggih, screenshot dengan kombinasi tombol tetap sangat membantu. Untuk pengguna yang ingin mengambil screenshot secara cepat dan mudah.

Screenshot Tanpa Tombol Fisik

Saya sendiri merasakan manfaat dari menu asisten ini, selain untuk mempercepat membuka aplikasi, pengguna juga bisa mengambil screenshot tanpa tombol sehingga kedua tombol fisik tersebut bisa awet.

Silahkan ikuti langkah-langkah untuk screenshot Samsung A03s tanpa tombol berikut ini.

  1. Langkah awal buka Settings / Pengaturan.
  2. Kemudian pilih menu Accessibility / Aksesibilitas.
  3. Akses menu Interaction and dexterity [Interaksi dan Kecekatan].
  4. Langkah selanjutnya, silahkan aktifkan Assistant Menu atau Menu Asisten.
  5. Jika fitur tersebut aktif, Assistant Menu akan muncul di layar ponsel Anda.
  6. Siapkan halaman pada layar yang ingin di capture.
  7. Buka Menu Asisten.
  8. Kemudian Anda tap Gambar Layar atau Screenshot.

Cara ini akan membuat tombol Volume dan Power lebih awet meski agak ribet harus mengaktifkan menu assistant yang bagi sebagian pengguna mungkin merasa terganggu dengan keberadaannya.

Screenshot Panjang

Screenshot panjang adalah salah satu fitur yang ada di perangkat Android. Dengan fitur ini pengguna dapat mengambil tangkapan layar dari atas hingga bawah di halaman bergulir atau aplikasi seperti Whatsapp, Instagram, Browser dan sebagainya.

Namun tidak semua Hp Samsung memiliki fitur screenshot panjang, untuk pengguna Galaxy A03s bisa mencoba membuka menu Settings -> Advanced Features -> Screenshot & Screen Recording lalu aktifkan fitur Screenshot Toolbar.

Selanjutnya coba ambil screenshot menggunakan salah satu metode diatas, nanti akan muncul toolbar di bagian bawah layar. Jika melihat ikon terdapat ikon Scroll Capture (tanda panah ke bawah) itu berarti bisa mengambil tangkapan layar panjang.

Fitur Screenshot Panjang Hp Samsung

Jika ikon tersebut tidak tersedia, berarti Hp kamu belum support karena memiliki RAM di bawah 4GB atau tunggu sampai pihak Samsung memperbaharui software Galaxy A03s.

Akhir Kata

Secara umum cara menggunakan fitur ini sangat mudah dilakukan karena tidak jauh berbeda dengan menggunakan fitur screenshot pada kebanyakan ponsel Samsung yang sudah dirilis terlebih dahulu.

Itulah ketiga cara termudah mengambil screenshot layar Hp Samsung A03s baik itu dengan tombol ataupun tanpa tombol. Sobat tidak perlu repot menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya.

Selamat mencoba fitur screenshot di Samsung Galaxy A03s. Apakah punya cara lain untuk mengambil tangkapan layar? Beri tahu TeknoDua di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.