Lompat ke konten

Cara Mengaktifkan Notifikasi Baterai Penuh di Samsung

Ingin mendapatkan pemberitahuan saat ponsel Samsung terisi penuh? Jika ya, maka dalam panduan ini, kami akan membagikan cara menampilkan notifikasi baterai penuh di Samsung Galaxy.

Namun, pengisian baterai yang berlebihan adalah masalah tersembunyi yang menguras baterai lebih cepat dari sebelumnya. Akibatnya, jika ingin menerima pemberitahuan di ponsel Android (Samsung) saat baterai terisi penuh, Anda harus mengikuti panduan ini.

Dengan panduan ini memungkinkan untuk mendapatkan pemberitahuan mencabut charger atau baterai yang terisi penuh pada ponsel Android apa pun tanpa kesulitan. Dengan begitu akan membantu memperpanjang umur baterai Android setidaknya 20% hingga 25%.

Cara Mengaktifkan Notifikasi Baterai Penuh di Samsung

Menggunakan fitur Bixby Routines dapat dengan mudah membuat pintasan atau notifikasi baterai terisi penuh. Jadi, berikut adalah langkah-langkah untuk mendapatkan pemberitahuan saat baterai terisi penuh:

Langkah 1. Buka aplikasi Settings dan pilih Advanced features.  Setelah itu aktifkan Bixby Routines lalu ketuk untuk membuat rutinitas notifikasi baterai penuh.

Aktifkan Rutinitas Bixby

Langkah 3. Ketuk tab Discover yang ada di bagian bawah dan ketuk View More. Kemudian gulir ke bawah sepenuhnya dan pilih Get notified when fully charger.

Pemberitahuan saat baterai terisi penuh

Langkah 4. Untuk menyesuaikan Battery Level, ketuk dan atur persentase baterai sesuai keinginan. Untuk tujuan panduan ini, kami akan menyetelnya ke 100%.

Mengatur Baterai Level

Langkah 5. Opsional dapat juga mengatur Edge lighting sesuai keinginan sendiri. Ketuk Show custom notification, mengatur Judul pemberitahuan, Teks pemberitahuan, dan juga aktifkan Baca pemberitahuan ini dengan keras. Tap Done.

Baca pemberitahuan ini dengan keras

Langkah 6. Setelah semuanya siap, cukup ketuk Save. Sekarang, akan diberi tahu saat baterai Samsung mencapai tingkat atau persentase baterai tertentu.

Apa yang terjadi jika mengisi baterai ponsel secara berlebihan?

  1. Baterainya bisa meledak. Ini bukan lelucon; itu terjadi lebih dari sekali dalam beberapa tahun terakhir. Banyak orang terluka karena mereka meninggalkan ponsel mereka dalam waktu yang lama.
  2. Jika melakukan ini untuk waktu yang lama, total baterai hidup akan berkurang. Sangat salah jika yakin pengisian daya yang berlebihan tidak akan membahayakan ponsel.

Namun, ini tidak terjadi dengan semua ponsel. Saat ini, produsen smartphone sedang mengembangkan sirkuit pintar untuk mencegah masalah seperti itu terjadi. Saat ponsel mencapai 99 persen pengisian daya, sirkuit internal memutuskannya dari pengisian daya.

Istilah 99 persen tidak ditetapkan untuk setiap produsen, tetapi kebanyakan dari mereka sudah mulai memasukkan teknologi tersebut sehingga pengguna tidak cas berlebihan. Namun, masalah muncul ketika menggunakan Hp jadul yang tidak memiliki sirkuit yang tidak memiliki teknologi ini.

Demikianlah langkah-langkah untuk mendapatkan notifikasi baterai penuh di ponsel Samsung Galaxy dengan menggunakan fitur Bixby Routines.

Tag: