Lompat ke konten

3 Cara Screenshot Samsung M22 Tanpa Tombol Mudah dan Praktis

Setiap perangkat Samsung memiliki metode screenshot yang terkadang tidak sama. Khusus untuk Hp Galaxy M22, ada empat cara screenshot tanpa tombol yang mudah dan praktis untuk digunakan.

Sudah tidak dipungkiri lagi, Samsung Galaxy M22 jadi salah satu HP dengan performa tinggi dan beragam kelebihan. Ditenagai chipset Mediatek Helio G80 dan pilihan RAM 4GB ditambah baterai 5000 mAh. Smartphone ini juga mendapatkan kamera utama berjumlah 4 buah.

Untuk memanjakan pengguna Galaxy M22, pabrikan asal korea selatan ini telah menyematkan tiga pilihan untuk mengambil screenshot. Cara yang lebih sederhana ini, memudahkan sobat untuk mengambil screenshot hanya dengan mengusap layar.

Langkah-langkah Screenshot Hp Samsung Galaxy M22

Cara Screenshot Samsung M22
Screenshot merupakan salah satu fitur yang dibutuhkan oleh pengguna saat ini, karena banyak pengguna yang menggunakannya untuk berbagi informasi melalui media sosial.

Saat ini kemampuan untuk mengambil screenshot sudah bisa dilakukan semua ponsel Android. Hingga saat ini, kita bisa mengambil screenshot dengan berbagai cara, mulai dari menggunakan tombol fisik hingga tanpa tombol atau menggunakan aplikasi khusus saat dibutuhkan.

Selain menggunakan tombol fisik, cara mengambil screenshot di Samsung M22 juga bisa dilakukan melalui tombol virtual dan juga usapan dengan telapak tangan.

1. Menggunakan Dua Tombol Fisik

Cara Screenshot Samsung M22 Dua Tombol Fisik
Cara screenshot Samsung yang paling mudah adalah dengan menggunakan kombinasi tombol. Sama halnya dengan brand lainnya, sobat dapat melakukan gambar layar melalui power dan tombol volume.

  1. Pertama tentukan terlebih dahulu area layar yang ingin sobat capture.
  2. Kemudian secara bersama-sama tekan dua tombol Volume Bawah dan Daya. Lalu segera lepaskan dan jangan ditahan.
  3. Layar akan secara otomatis berkedip dan terdengar suara seperti sedang memotret.
  4. Selanjutnya akan muncul preview hasil screenshot.
  5. Tap tombol Share untuk dibagikan ke teman.

Dengan hanya menggunakan tombol fisik tentu sangatlah efektif, mudah dan tidak perlu melakukan berbagai pengaturan tambahan lainnya untuk mengambil screenshot.

2. Tanpa Tombol Fisik

Di Ponsel Samsung pengguna bisa membuat tombol virtual melalui menu Asisten. Di dalam panel menu asisten berisi beberapa tombol seperti membuka layar utama, merekam layar, menampilkan aplikasi, mengambil gambar layar dan fitur lainnya. Jadi, kita bisa melakukan screenshot tanpa perlu menekan tombol fisik.

  1. Pergi ke Pengaturan kemudian gulir halaman dan tap menu Aksesibilitas.
  2. Pilih Interaksi dan Kecekatan lalu aktifkan Menu Asisten.
  3. Sekarang sobat sudah bisa menggunakan fitur Screenshot yang tersedia pada menu asisten.
  4. Untuk mengambil screenshot, buka area yang ingin di ss.
  5. Ketuk ikon Menu Asisten berikutnya tap pintasan Gambar Layar (Screenshot).

Adanya tombol virtual ini tentunya akan memudahkan pengguna dalam mengoperasikan smartphone-nya. Namun, jika merasa terganggu dengan tombol tersebut, sobat dapat membuatnya transparan atau jika perlu menonaktifkannya saja. Saat dibutuhkan, silahkan diaktifkan kembali.

3. Menggunakan Satu Tangan

Cara screenshot berikutnya adalah dengan menggunakan tangan. Cukup dengan mengusap layar dari kiri ke kanan menggunakan telapak tangan, dan dalam sekejap, gambar layar sudah tersimpan di galeri.

  1. Pergi ke Pengaturan >> Fitur Lanjutan.
  2. Pada menu fitur lanjutan sobat pilih Gerakan dan Gesture.
  3. Selanjutnya geser ke kanan atau tap pada tombol Usapkan telapak tangan untuk mengambil atau Palm Swipe To Capture untuk mulai mengaktifkan.
  4. Setelah itu tentukan bagian yang ingin di ambil tangkapan layar.
  5. Taruh tangan sobat di layar dalam posisi seperti berjabat tangan lalu gerakkan ke samping.
  6. Nanti akan muncul notifikasi tulisan pada ponsel Samsung yang menunjukkan bahwa sobat telah berhasil mengambil screenshot.
  7. Sementara gambar screenshot akan tersimpan di aplikasi galeri

Cara seperti ini tentu cukup unik dan terlihat canggih. Bagi yang sudah terbiasa akan meninggalkan cara lama seperti menggunakan tombol fisik.

4. Screenshot Toolbar

Update terbaru One UI memungkinkan pengguna Samsung M22 mengambil cuplikan layar atau screenshot halaman bergulir yang dapat disimpan atau sobat share ke teman. Namun, wajib mengaktifkan terlebih fitur Screenshot Toolbar yang terdapat di pengaturan.

  1. Pergi ke Pengaturan [Settings].
  2. Tap Fitur Lanjutan [Advanced Features].
  3. Tap Gambar Layar [Screenshot].
  4. Selanjutnya aktifkan fitur Bilah alat gambar layar atau Screenshot Toolbar hingga berubah menjadi warna biru.
  5. Buka aplikasi yang ingin sobat screenshot panjang di HP Samsung M22.
  6. Langkah berikut, ambil screenshots dengan cara menekan Power dan Volume Bawah bersama-sama.
  7. Nanti akan muncul bilah alat di bagian bawah layar yang berisi tools untuk membagikan dan mengedit gambar screenshot.
  8. Pilih gambar dua panah untuk mengambil screenshot panjang.

Fitur ini penting bagi pengguna yang ingin mengambil screenshot sepenuhnya. Alih-alih melakukannya secara manual yang membuat sulit untuk menggabungkan beberapa gambar sekaligus.

Keren kan ?! Tunggu apa lagi, coba saja tutorial di atas dan buat screenshot Samsung Galaxy M22 sobat berbeda dari yang lain. Oh ya, cara ini juga bisa digunakan di ponsel Samsung lainnya.

Sebenarnya hampir sama dengan mengambil screenshot di beberapa tipe ponsel Samsung lainnya. Dari keempat cara di atas, silahkan pilih mana yang paling mudah untuk mengambil screenshot.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.