Lompat ke konten

Cara Mengaktifkan Virtualization Laptop HP di BIOS

CPU modern memiliki kemampuan hardware virtualisasi yang membantu menjalankan VirtualBox, Emulator, Windows Sandbox, VMware, Hyper-V, dan software lain pada mesin virtual.

Berhubung cara mengaktifkan Virtualisasi berbeda setiap laptop HP, Acer, DELL, Lenovo, ASUS dan sebagainya. Itulah sebabnya kami bertekad untuk memberi tahu kalian cara mengaktifkan VT di laptop HP saja.

Virtualization pada umumnya untuk menjalankan operasi sistem lain di laptop atau PC kita. Biasanya perusahaan memanfaatkan teknologi ini untuk menekan biaya operasional mereka.

Bagi pengguna biasa juga dapat memanfaatkannya menjalankan VMware ataupun emulator Android.

Jadi, dalam panduan ini, kami akan membagikan metode termudah mengaktifkan Virtualization di laptop HP melalui BIOS Windows 10 ataupun Windows 11.

Apa itu Virtualisasi dan Manfaatnya?

Virtualisasi (VT) adalah teknologi efisiensi hardware yang memungkinkan komputer dijadikan mesin virtual seperti cloud, server, networks atau aplikasi lainnya. Kita dapat menjalankan VMware untuk menginstall MacOS di Windows kita ataupun emulator Android.

Virtualization akan meningkatkan kelancaran, keserbagunaan, dan skalabilitas TI sambil mencapai penghematan biaya yang substansial. Keserbagunaan beban kerja yang lebih besar, peningkatan efisiensi, dan fleksibilitas sumber daya, proses yang disederhanakan-ini semua adalah keuntungan virtualisasi yang membuat TI lebih mudah dikelola dan lebih murah untuk dimiliki dan dijalankan.

  1. Produktivitas, efisiensi, kelancaran, dan daya tanggap TI meningkat.
  2. Pengurangan modal dan biaya operasional.
  3. Diminimalkan atau downtime dikurangi.
  4. Kontrol pusat data yang disederhanakan.
  5. Kesinambungan operasi dan pemulihan yang cepat.
  6. Program dan penyediaan sumber daya yang lebih cepat.
  7. Ketersediaan data center secara nyata.

Bagaimana Mengetahui VT Telah Aktif di Laptop HP?

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengetahui apakah teknologi Virtualisasi telah diaktifkan atau dinonaktifkan pada laptop HP. Namun, Anda juga dapat mengikuti langkah yang sama untuk menentukan apakah Teknologi Virtualisasi (VT) Diaktifkan atau Dinonaktifkan pada Acer, ASUS Lenovo, Dell, dan laptop lainnya.

Virtualization Enable di Laptop HP

  1. Klik kanan pada Raskbar dan pilih Task Manager.
  2. Tap pada tab Performance dan pilih CPU dari sisi kiri.
  3. Lihat apakah Virtualisasi adalah diaktifkan (Enable) atau nonaktif (Disable).

Jika statusnya telah diaktifkan, Anda tidak perlu melakukan apa pun. Jika “Virtualisasi: Disable” ditampilkan, kamu dapat mengaktifkannya di BIOS dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Metode 1. Aktifkan Virtualization di Laptop HP Melalui BIOS

Jadi tanpa basa-basi lagi, berikut ini cara mengaktifkan Virtualization Technology (VT) di laptop HP berbasis Windows 10 melalui BIOS:

Langkah 1. Pertama nyalakan PC, lalu langsung klik F10 untuk masuk ke BIOS. Setelah masuk BIOS gunakan tombol panah dan pilih System Configuration.

System Configuration BIOS Laptop HP

Langkah 2: Selanjutnya arahkan ke Virtualization Technology dan tap Enter untuk masuk. Berikutnya pilih Enable kemudian tekan Enter.

Aktifkan Virtualization di Laptop HP

 

Langkah 3. Sekarang, Teknologi Virtualisasi sudah diaktifkan pada laptop HP melalui BIOS. Setelah selesai, klik F10 untuk menyimpan perubahan dan silahkan keluar dari BIOS.

Catatan: Untuk virtualization pada chipset AMD opsinya bernama SVM atau Secure Virtual Machine Mode.

Namun, BIOS laptop HP kadang berbeda dan kamu dapat mengikuti metode kedua untuk mengaktifkan virtualisasi pada Windows 10.

Aktifkan Virtualization Technology (VTx) Melalui Hawlett Packard Computer Setup

Jika laptop Hp kamu sudah menggunakan versi BIOS terbaru dari HP yang biasanya ada tulisan Hawlett-Packard Computer Setup. Bisa mengikuti langkah-langkah berikut, memang caranya hampir sama.

Langkah 1. Tekan tombol Power untuk menghidupkan laptop, kemudian langsung klik F10 agar langsung masuk BIOS.

Langkah 2. Setelah itu pilih tab Security, lalu gunakan panah atas dan bawah untuk mengarahkan ke System security, lalu klik Enter.

System security Bios Laptop HP

 

Langkah 3. Pilih Virtualization Technology (VTx) dan setelah itu tekan Enter kemudian pilih Enable.

Virtualization Technology VTx Laptop HP

 

Sekarang proses mengaktifkan virtualization telah selesai. Silahkan klik F10 untuk menyimpan perubahan dan keluar dari BIOS.

Demikianlah dua metode untuk mengaktifkan Virtualization atau VT di laptop HP Windows 1o dan Windows 11.