Lompat ke konten

3 Cara Reset Samsung A13 Kembali Seperti Semula

Setiap perangkat memiliki resiko kerusakan hardware maupun software dan ini sudah diantisipasi oleh produsen perangkat dengan menyematkan fitur reset untuk mengatasi masalah software yang error.

Samsung A13 dibekali dengan operasi sistem One UI 4.1 Android 12 yang dimotori oleh chipset Exynos 850. Selain itu juga, ponsel ini telah disematkan RAM 3GB dengan penyimpanan seluas 32GB.

Semua pengguna ini selalu menggunakan ponselnya tanpa masalah sedikit pun. Kita hanya bisa berharap untuk selalu lancar, namun jika memang mengalami masalah, sudah ada fitur untuk mereset ulang ke pengaturan pabrik.

Cara reset Samsung Galaxy A13 ini ternyata gampang banget dan bisa dipraktekkan sendiri tanpa harus menggunakan laptop atau PC. Kalau memang berniat mereset ponsel Samsung kepunyaanmu maka bisa mengikuti panduannya di sini.

Melakukan reset Samsung Galaxy A13 kembali menjadi pengaturan pabrik merupakan salah satu cara termudah untuk mengembalikan agar terlihat lebih segar lagi.

Langkah-Langkah Reset Samsung Galaxy A13

Ada beberapa alasan mengapa kita harus melakukan reset ke pengaturan pabrik, salah satunya untuk mengatasi error, membeli ponsel bekas dan ingin menghapus semua data lama yang tersimpan di dalamnya dan berbagai alasan lainnya.

Fitur reset telah disediakan produsen perangkat untuk memudahkan pengguna mengembalikan semua pengaturan ke bawaan pabrik. Melakukan reset di perangkat Samsung ada 3 cara yakni melalui pengaturan, recovery mode dan Find My Mobile.

Semua metode reset akan menyebabkan terhapusnya semua data, agar data dan file tidak hilang lakukan pencadangan terlebih dahulu. Jika sebelumnya telah melakukan backup, silahkan ikuti cara reset Samsung A13 berikut ini.

(1.) Reset Lewat Pengaturan

Reset Samsung A13 Lewat Pengaturan

Salah satu metode factory reset yang bisa Anda gunakan adalah lewat menu setelan yang ada di ponsel kamu. Berikut ini langkah-langkah cara factory reset Hp Samsung A13 lewat pengaturan.

  1. Buka menu Pengaturan yang ada di Samsung Galaxy A13.
  2. Selanjutnya klik menu Manajemen umum.
  3. Step selanjutnya pilih Reset.
  4. Kemudian pilih Reset Data Pabrik.
  5. Setelah itu klik tombol Reset yang ada dibagian bawah.
  6. Kemudian tap pilih Hapus semua.
  7. Setelah itu Samsung akan restart dan memulai proses kembali ke pengaturan pabrik.

Segera setelah telepon menyala, itu akan mereset ponsel ke pengaturan default pabrik. Seolah-olah menjadi ponsel baru kembali, saat berikutnya menyalakannya, nanti akan kamu diminta melakukan prosedur pengaturan dasar. Setelah semuanya diatur, dapat mulai memulihkan data dari penyimpanan mana pun yang kamu simpan.

(2.) Hard Reset Melalui Recovery

Untuk yang ponselnya mengalami lupa pola atau bootloop, kamu bisa memanfaatkan opsi wipe data di menu pemulihan. Silahkan simak cara hard reset Samsung A13 lewat recovery mode ini.

  1. Langkah awal matikan ponsel selama beberapa saat.
  2. Tekan tombol Volume Atas dan Power beberapa detik.
  3. Setelah muncul logo Samsung, lepaskan kedua tombol tersebut.
  4. Selanjutnya, kamu gulir ke menu Factory reset / wipe data dengan menggunakan tombol Volume dan masuk dengan menekan tombol Power.
  5. Pada opsi selanjutnya, silahkan pilih Factory data reset untuk melakukan reset.
  6. Berikutnya cukup tunggu beberapa saat sampai proses wipe selesai.
  7. Jika sudah selesai lakukan Reboot System.

(3.) Buka Kunci Layar Samsung Tanpa Reset

Jika Hp Samsung A13 kamu terkunci pola atau pin, kamu bisa meresetnya tanpa perlu takut kehilangan data. Cukup akses ke layanan Samsung find mobile dan klik unlock. Otomatis semua pola, pin maupun passowrd akan terhapus. Namun, untuk mengakses layanan ini pastikan memiliki akun Samsung yang telah terhubung dengan ponsel kamu.

Langkah pertama akses ke layananan Samsung Find Mobile melalui perangkat lain.

Berikutnya kamu akan diminta untuk sign-in (login) dengan akun Samsung yang sudah dikaitkan dengan Galaxy A13 kamu.

Setelah masuk, tunggu beberapa saat sampai ponsel terdetek lokasinya. Pastikan Hp kamu masih terhubung dengan akses internet.

Jika sudah, tap Unlock yang ada di panel lalu konfirmasi dengna memilih tombol Unlock.

Di sini akan diminta untuk login kembali dengan password akun Samsung kamu. Dan Selanjutny klik Next untuk melanjutkan proses reset layar kunci.

Sekarang layar kunci Samsung A13 sudah terbuka, silahkan buat lagi pola atau pin jika menginginkannya.

Setelah di Reset Masalah Masih Berlanjut?

Jika masalah masih berlanjut setelah melakukan reset ke setelan pabrik, mungkin masalahnya ada di perangkat keras dan sebaiknya berkonsultasi dengan customer service Samsung.

Cukup sampai disini panduan tentang cara reset Samsung A13 yang berguna buat kalian semua. Jangan lupa, untuk mengikuti tips berikutnya tentang cara screenshot Samsung agar lebih maksimal penggunaanya. Semoga berguna serta selamat mencoba.