Lompat ke konten

Cara Screenshot Samsung M12 Tanpa Tombol Fisik

Bagaimana cara screenshot di Hp Samsung M12 tanpa tombl dan aplikasi? Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan mudah, karena ponsel ini sudah tersedia lima fitur screenshot bawaan dengan menggunakan gestur, shortcut, panjang dan tombol.

Diluncurkan di Indonesia pada April 2021, Samsung Galaxy M12 mendapatkan sambutan yang luar biasa. Dilihat dari spesifikasi, ponsel ini memang menggiurkan di kelas dengan harga segitu.

Hp ini ditenagai chipset Exynos 850 dari Samsung serta memiliki layar PLS IPS refersh rate 90Hz dengan ukuran 6.5 inci beresolusi HD+ (720 x 1600) dengan kerapatan 270 ppi. Terdapat pula baterai 3700 mAh mAh dengan fitur fast charging.

HP baru ini memiliki kamera belakang resolusi 24MP. Di bagian depan, terdapat sensor kamera selfie 24MP yang sudah mendukung fitur Panorama. Pastinya gambar yang dihasilkan sudah cukup memuaskan.

Di Samsung Galaxy M12 terdapat 3 fitur screenshot yang bermanfaat membuat tangkapan layar untuk menyimpan apa pun yang terlihat di Samsung M12 Anda sebagai gambar untuk bukti saat dibutuhkan.

Panduan Cara Screenshot Hp Samsung Galaxy M12

Cara Screenshot Samsung M12
Meskipun smartphone Samsung sangat populer di indonesia, tetapi masih ada sebagian pengguna yang kebingungan untuk menggunakan beberapa fiturnya termasuk fitur screenshot.

Padahal dari dulu sampai sekarang cara menggunakan fitur ini sangat mudah karena tidak jauh berbeda dengan menggunakan fitur screenshot pada kebanyakan ponsel Samsung yang lain.

Menggunakan Tombol Volume dan Daya

Screenshot Samsung M12 Menggunakan Tombol
Untuk cara screenshot pertama, tidak perlu melakukan pengaturan apapun agar fitur screenshot bisa langsung diterapkan. Simak langkah-langkah detail cara screenshot Samsung M12 lewat tombol volume dan daya disini.

Sobat cukup memilih halaman yang ingin di-screenshot. Berikutnya, Tekan tombol fisik Volume Bawah dan Daya secara bersama-sama lalu lepaskan jangan ditahan.

Setelah melihat layar berkedip dan mendengar suara kamera, berarti screenshot sudah berhasil dilakukan. Selanjutnya dapat melihat hasil screenshot di aplikasi Gallery.

Screenshot Tanpa Tombol

Shortcut Screenshot Samsung M12
Sedangkan untuk menggunakan cara kedua, sobat bisa melakukan screenshot Galaxy M12 tanpa tombol tetapi harus memastikan pengaturan fitur Menu Assiten aktif terlebih dahulu. Silahkan periksa di pengaturan apakah fitur shortcut screenshot telah diaktifkan.

  1. Masuk ke menu Pengaturan.
  2. Pilih menu Aksesibilitas.
  3. Ketuk opsi Interaksi dan Kecekatan.
  4. Ketuk sakelar untuk mengaktifkan fitur Menu Asisten.
  5. Jika aktif, kamu akan melihat gambar bulat transparan. Selain itu, menu asisten ini bisa Anda geser ke bagian layar yang lain.
  6. Sekarang pergi ke area atau halaman yang akan di potret.
  7. Setelah itu, buka Menu Asisten dan pilih shortcut Gambar Layar untuk membuat screenshot.

Shortcut screenshot lebih dari sekedar fitur aksesibilitas. Fitur ini menghadirkan banyak shortcut untuk membantu Anda meningkatkan produktivitas dengan Samsung M12. Kita bisa dengan cepat mengambil screenshot, screen recording, membuka aplikasi dan sebagainya.

Gestur Screenshot

Gestur Screenshot Samsung M12
Jika kurang nyaman dengan kedua metode diatas, cara screeshot menggunakan gestur pasti sobat sukai. Pasalnya, hanya dengan menggerakkan tangan ke atas layar, screenshot sudah langsung tersimpan. Silahkan ikuti cara selengkapnya.

  1. Masuk ke menu Settings kemudian pilih Advanced Features.
  2. Cari lalu tap Motion And Gesture lalu geser toogle untuk mengaktifkan Palm Swipe To Capture.
  3. Tentukan halaman pada layar yang Anda ingin capture.
  4. Selanjutnya untuk mengambil screenshot, swipe tangan Anda dari samping kiri ke kanan atau sebaliknya pada layar.
  5. Pengambilan gambar akan ditandai dengan layar berkedip dan terdengar suara shutter.

Fitur gambar layar dengan telapak tangan biasanya terdapat di handphone terbaru, pengguna bisa dengan mudah mengambil screenshot hanya dengan menggesekkan telapak tangan di layar.

Long screenshot

Long Screenshot Samsung M12
Cara keempat ini khusus untuk pengguna yang ingin mengambil gambar layar secara penuh. Kalau ketiga cara diatas hanya menangkap gambar yang terlihat dilayar sedangkan cara ini bisa sampai ke bagian layar yang tidak terlihat.

  1. Pergi ke Pengaturan [Settings].
  2. Ketuk Fitur Lanjutan [Advanced Features].
  3. Tap Gambar Layar [Screenshot].
  4. Berikutnya aktifkan fitur Bilah alat gambar layar.
  5. Buka halaman di mana Anda ingin mengambil screenshot panjang pada Samsung M12.
  6. Langkah berikut, lakukan tangkapan layar dengan cara apapun. Anda bisa menggunakan gesture agar lebih praktis.
  7. Nanti akan muncul toolbar di bagian bawah layar yang terdapat tools untuk membagikan dan mengedit hasil screenshot.
  8. Pilih ikon panah ke bawah untuk mengambil screenshot panjang.

Fitur Long screenshot atau biasa kita kenal dengan istilah screenshot panjang. Sobat bisa screenshot tampilan chat panjang atau website di layar ponsel Samsung M12 satu halaman penuh, sehingga dapat mengabadikan seluruh informasi dalam satu gambar saja.

Kesimpulan

Setelah selesai mengambil screenshot, sobat juga dapat mengedit dan membagikan gambarnya langsung kepada teman atau orang lain melalui media sosial, email, ataupun aplikasi lainnya.

Dengan cara ini, Anda tidak perlu menginstall aplikasi screenshot pihak ketiga, karena semuanya sudah tersedia di Hp Samsung Galaxy M12 kepunyaanmu. Berdasarkan pengalaman kalian, apakah ada cara lainnya untuk melakukan screenshot di ponsel ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.