Lompat ke konten

4 Cara Reset Samsung S6 dan S6 Edge Lupa Pola serta PIN

Beberapa tahun yang lalu, Samsung S6 termasuk jajaran ponsel Android berkelas. Namun seiring waktu tentunya akan sering mengalami masalah dari mulai sering hang, lemot bahkan terkadang mengalami stuck di logo Samsung.

Bagi pengguna yang memiliki dana lebih, sebaiknya segera mengganti smartphone dengan yang terbaru. Tetapi untuk pengguna yang masih sayang dengan ponsel ini harus sering-sering merawatnya.

Jika ponsel Samsung S6 kamu saat ini lagi mengalami masalah, mungkin sebaiknya melakukan reset ke pengaturan pabrik terlebih dahulu. Sedangkan untuk pengguna yang lupa dengan kunci layar berupa pola maupun PIN sebenarnya tidak perlu melakukan reset, cukup mengatasinya melalui bantuan layanan Find My Mobile.

Nah, untuk para pengguna Samsung S6 maupun S6 Edge yang belum tahu bagaimana cara reset dan mengatasi masalah lupa pola bisa mengikuti panduan berikut ini.

Cara Reset Hp Samsung Galaxy S6 atau S6 Edge

Biasanya reset digunakan untuk memperbaiki beberapa masalah yang menyebabkan perangkat tidak bekerja secara normal. Selain itu, reset juga dapat digunakan untuk membuka layar yang terkunci yang diakibatkan karena lupa dengan pola, password maupun PIN.

Berikut beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk mereset ke pengaturan pabrik sekaligus menghapus kunci pola pada layar.

Factory Reset Lewat Pengaturan

Cara factory reset ini berguna untuk mengembalikan performanya ke semula, mengatasi penyimpanan internal yang kepenuhan, menghilangkan virus, membersihkan file lainya dan cache.

Langkah 1: Masuk ke menu Settings kemudian pilih opsi General management.

General Management Samsung S6

Langkah 2: Langkah berikutnya tap Reset lalu akan muncul berbagai pilihan seperti Reset Settings, Reset Network Setting dan Factory data reset. Pilih Factory data reset untuk sepenuhnya melakukan reset.

Factory Data Reset Samsung S6

Langkah 3: Setelah itu tap menu Reset yang ada di bawah dan berikutnya ketuk tombol OK untuk konfirmasi.

Konfirmasi Reset Data Samsung S6

Langkah 4: Selanjutnya tap Delete All dan Hp Samsung S6 kamu akan restart. Jika proses restart sudah selesai, silahkan setting kembali dari awal.

Delete All Samsung S6

Cara factory reset Samsung Galaxy S6 ini, bisa kamu gunakan untuk membenahi segala macam kesalahan software seperti aplikasi atau game tidak dapat dibuka, notifikasi tertutup sendiri, mengalami crash, penumpukan file.

Hard Reset via Recovery Mode

Cara hard reset ini umumnya digunakan untuk mengatasi masalah yang cukup berat sehingga ponsel kamu tidak bisa booting. Selain itu juga dapat melegakan penyimpanan, menghapus virus, dan hang di logo Samsung.

  1. Matikan ponsel lalu tekan dan tahan tombol Volume Atas + Home + Power selama beberapa detik.
  2. Lepaskan tombol setelah muncul logo Samsung dan akan langsung masuk ke Android Recovery.
  3. Arahkan ke menu Wipe data / Factory reset menggunakan tombol Volume lalu tap tombol Power atau Home untuk masuk ke menu.
  4. Selanjutnya pilih Factory Data Reset.
  5. Setelah proses Wipe selesai, pilih Reboot System Now.
  6. HP Samsung S6 kamu akan restart.

Pastika sebelum melakukan reset, akun Google baik itu email maupun password masih kamu ingat. Dan juga, semua data akan terhapus oleh sebab itu pastikan juga sudah membackup semua data penting yang tersimpan di ponsel.

Cara Membuka Pola, PIN dan Password Tanpa Reset Data

Untuk pengguna yang mengalami masalah layar Hp yang terkunci oleh pola maupun PIN, bisa dibuka tanpa perlu melakukan reset data. Kamu cukup gunakan layanan Samsung Find My Mobile atau jika gunakan custom recovery TWRP jika sudah memasangnya.

Menggunakan Samsung Find My Mobile

Pertama buka situs Find My Mobile dan selanjutnya sign in dengan akun Samsung dihubungkan ke Galaxy S6 kamu.

Jika sudah masuk, pastikan kamu memilih Galaxy S6 yang terkunci pola setelah itu klik ikon Unlock.

Berikutnya akan menampilkan popup konfirmasi dengan mengisi ulang password akun Samsung kamu. Setelah itu klik tombol NEXT. Dalam beberapa saat Hp Samsung kamu sudah terhapus polanya tanpa perlu di reset data.

Menggunakan TWRP

Apabila saat ini Hp Samsung S6 kamu sudah terpasang TWRP, bisa dengan mudah melewati kunci layar tanpa perlu melakukan reset data.

  1. Pertama, masuk ke custom recovery TWRP.
  2. Setelah itu pilih menu Advanced kemudian pilih File Manager.
  3. Seanjutnya pilih data kemudian pilih system.
  4. Sekarang hapus file-file seperti di bawah ini.
    • Locksettings.db
    • Locksettings.db-shm
    • Locksettings.db-wal
    • gesture.key
    • password.key
  5. Setelah itu lakukan Reboot.

Demikianlah beberapa cara melakukan reset di Hp Samsung S6 yang lupa pola, PIN atau password. Semoga apa yang TeknoDua.com bagikan ini bisa bermanfaat untuk mengatasi semua masalah pada ponsel kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.