Lompat ke konten

Cara Screenshot Redmi Note 10 5G Mudah dan Cepat

Tidak seperti pada smartphone lainnya, untuk cara screenshot Redmi Note 10 5G memang ada sedikit perbedaan. Ada beberapa pengguna yang kesulitan mencari fitur tangkapan layar di Hp Xiaomi ini.

Apabila sebelumnya smartphone yang minim bezel kerap ada pada Hp flagship, kini kamu bisa menikmatinya pada Redmi Note 10 5G. Menggunakan panel IPS LCD refresh rate 90 Hz, layar berukuran 6.5 inci ini pun telah beresolusi 1080 x 2400 piksel alias Full HD+.

Layarnya juga terkesan lega bukan hanya karena rasio screen-to-body sebesar 83,7%. Pertama, karena layarnya minim bezel alias bezel-less, dan tidak ada poni di bagian atas layar yang biasa digunakan sebagai kamera depan.

Berlanjut ke amunisi utama Redmi Note 10 5G, yaitu sektor kamera. Pada bagian belakang terdapat tiga lensa yang disusun secara vertikal masing-masing beresolusi 2MP wide-angle, 2MP depth-camera, dan kamera utama 48MP sama seperti yang digunakan Redmi Note 10 Pro.

Tak kalah menarik, kamera selfie 8MP tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi smartphone Xiaomi ini. Tidak hanya kemampuannya yang mumpuni, daya tahan kamera ini juga tidak perlu diragukan lagi.

Langkah-langkah Screenshot Hp Redmi Note 10 5G

Cara Screenshot Redmi Note 10 5G
Untuk OS, Redmi Note 10 5G berjalan pada MIUI 12 yang tersemat banyak fitur tambahan dan pintasan di panel notifikasi, salah satunya adalah mengambil tangkapan layar dengan mengusap layar ponsel.

Selain fitur screenshot tiga jari, ada juga long screenshot untuk mengambil gambar layar yang panjang. Berikut beberapa cara screenshot Xiaomi Redmi Note 10 5G.

Metode screenshot yang TeknoDua jelaskan di bawah ini juga bisa digunakan di versi Redmi Note 10 Pro maupun Redmi Not 10s.

Menggunakan Tombol

Semua HP Xiaomi memiliki fitur screenshot dengan menggunakan tombol fisik. Rata-rata pengguna ponsel masih memanfaatkan fitur ini. Pastikan sesuai petunjuk, supaya berhasil cara screenshot menggunakan tombol Hp.

  1. Buka terlebih dahulu halaman yang akan sobat screenshot.
  2. Lalu tekan tombol Daya dan Volume Bawah bersama-sama.
  3. Kemudian akan muncul preview hasil screenshot dan sejumlah fitur pilihan seperti Edit.
  4. Pilih Share jika ingin langsung dibagikan ke teman

Jika tombol volume atau power tidak berfungsi, tenang saja, masih ada cara yang lain yakni dengan menggunakan swipe tiga jari dan pusat pintasan.

Screenshot Swipe 3 Jari

Cara kedua untuk membuat tangkapan layar adalah dengan swipe 3 jari. Cara ini juga termasuk praktis dilakukan daripada cara yang pertama.

  1. Buka Hp Redmi Note 10 5G lalu klik ikon Setelan.
  2. Pilih Setelan Tambahan kemudian Pintasan Tombol dan Gerakan.
  3. Pilih Ambil Screenshot > tap Geser ke bawah dengan 3 jari.
  4. Pilih halaman yang akan sobat screenshot.
  5. Sentuh layar dengan 3 jari lalu swipe ke bawah.
  6. Akan terdengar suara shutter.
  7. Hasil screenshot akan muncul, sobat bisa langsung bagikan, edit atau simpan.

Metode seperti ini sangat cocok untuk pengguna yang tombol Hp-nya rusak atau tidak berfungsi. Sobat hanya perlu mengusap layar menggunakan tiga jari.

Lewat Pusat Pintasan

Untuk mengambil cuplikan layar melalui Pusat Pintasan atau Control Center, swipe ke bawah pada bilah notifikasi kemudian ketuk tanda Tangkapan Layar atau Screenshot.

Untuk cara screenshot Redmi Note 10 5G lewat Pusat Pintasan selengkapnya, silahkan ikuti tutorial di bawah ini

  1. Siapkan area atau halaman yang ingin di capture.
  2. Setelah itu, sobat bisa membuka Pusat Pintasan dengan slide layar dari atas ke bawah.
  3. Sekarang tap ikon Screenshot.
  4. Akan terdengar suara kamera lalu nampak preview hasil tangkapan layar .

Dengan adanya pintasan screenshot di Control Center, cara penggunaan jadi lebih simpel. Cukup swipe layar ke bawah lalu klik ikon screenshot.

Screenshot Panjang

Tangkapan layar bergulir alias scroll capture, biasa dilakukan oleh pengguna Xiaomi. Metode ini digunakan untuk mengambil screenshot layar chat WA dan aplikasi media sosial.

Silahkan ikuti cara screenshot panjang pada Hp Redmi Note 10 5G.

  1. Siapkan tampilan layar yang akan di screenshot panjang.
  2. Buat tangkapan layar menggunakan tombol atau tiga jari.
  3. Kalau gambar tangkapan layar telah muncul, ketuk tombol Gulir yang berada di bawah preview.
  4. Kemudian gambar akan bergulir hingga batas halaman yang akan di screenshot. Jika sudah, ketuk Selesai.

Jika tidak ingin repot mengambil gambar layar bergulir, lakukan screenshot panjang seperti cara di atas dan dalam sekejap seluruh halaman dari atas sampai ke bawah sudah berhasil di capture.

Akhir Kata

Jika sobat tidak menemukan fitur screenshot seperti diatas, Silakan coba lakukan pembaruan perangkat lunak pada pada Xiaomi Redmi Note 10 5G.

Demikianlah panduan cara screenshot Redmi Note 10 5G tanpa aplikasi tambahan. Semoga keempat cara diatas bisa membantu kalian menghasilkan gambar layar secara cepat dan bagus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.