Lompat ke konten

4 Cara Screenshot Samsung M51 yang Simpel dan Cepat

Tidak seperti di smartphone lainnya, untuk cara screenshot Samsung Galaxy M51 tentu saja ada sedikit perbedaan. Ada beberapa pengguna yang kesulitan mencari fitur screenshot di Hp Samsung ini.

Diluncurkan di Indonesia pada bulan Agustus 2020, Samsung Galaxy M51 mendapatkan sambutan yang luar biasa. Dilihat dari spesifikasi, ponsel ini memang menggiurkan di kelas dengan harga segitu.

Hp ini ditenagai chipset Snapdragon 730G dari Qualcomm serta memiliki layar Super AMOLED Plus 6.7 inci beresolusi HD (1080 x 2400 piksel) dengan kerapatan 393 ppi. Terdapat pula baterai 7000 mAh mAh dengan fitur fast charging.

HP baru ini memiliki empat kamera belakang dan di bagian depan, terdapat sensor kamera selfie 32MP yang sudah mendukung fitur Panorama. Hasil foto dari ponsel ini tidak buram meski di tempat minim cahaya.

Selain memiliki beragam fitur, Samsung M51 menjadi salah satu ponsel yang paling diminati masyarakat. Bukan hanya itu saja, Samsung juga mengembangkan beberapa metode screenshot yang mudah.

Panduan Cara Screenshot Hp Samsung M51

Cara Screenshot Samsung M51
Bukan tanpa alasan jika smartphone ini disukai, itu semua berkat spesifikasi hardware dan fitur menarik yang dibawanya untuk ukuran smartphone kelas menengah. Bahkan telah dibekali dengan fitur yang membuat penggunanya dapat melakukan screenshot dengan mudah.

Tidak hanya menggunakan kombinasi tombol fisik, screenshot pada Samsung M51 dapat dilakukan dengan menggunakan usapan tangan dan Menu Asisten. Bagi yang ingin mengetahui cara mengambil screenshot di Samsung M51, maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Kombinasi Tombol Volume dan Power

Screenshot Tombol Samsung M51
Cara screenshot dengan tombol ini dapat digunakan di semua ponsel Android versi baru maupun lama. Caranya, cukup pencet tombol volume dan daya secara bersamaan.

Sobat tinggal pilih area yang ingin di screenshot lalu tekan tombol Daya dan Volume Bawah secara bersamaan lalu langsung lepaskan dan jangan ditahan.

Apabila sudah terdengar suara kamera dan layar berkedip, artinya sobat berhasil membuat screenshot. Hasilnya nanti akan tersimpan di aplikasi Gallery.

Menu Asisten

Screenshot Samsung M51 Menu Asisten
Yang TeknoDua kagumi dari menu asisten ini, salah satunya tidak usah bersusah payah untuk menekan tombol saat mengambil cuplikan layar hp Samsung M51. Berikut ini panduannya untuk mengaktifkan dan menggunakan menu asisten.

  1. Masuk ke menu Pengaturan.
  2. Tap menu Aksesibilitas.
  3. Tap opsi Interaksi dan Kecekatan.
  4. Klik tombol untuk mengaktifkan fitur Menu Asisten.
  5. Untuk mengambil screenshot, buka area atau halaman yang akan di ss.
  6. Kemudian buka menu asisten kemudian pilih tombol Gambar layar.

Screenshot Panjang Samsung M51

Cara Screenshot Panjang Samsung M51
Selain menggunakan menu asisten, sobat juga dapat mengambil screenshot yang panjang. Cara ini memungkinkan sobat untuk mengambil gambar layar secara full satu halaman. Simak cara screenshot panjang Samsung M51 tanpa aplikasi yang user friendly untuk dipahami oleh semua kalangan.

  1. Masuk ke Settings [Pengaturan].
  2. Pilih Advanced Features [Fitur Lanjutan].
  3. Pilih Screenshot [Gambar Layar].
  4. Berikutnya aktifkan tombol yang berada di samping Screenshot Toolbar / Bilah Alat Gambar.
  5. Kalau sudah, sobat dapat mengambil tangkapan layar dengan kombinasi tombol atau gesture.
  6. Silahkan sobat tap pada ikon panah ke bawah yang terdapat di samping kiri.

Biasanya fitur ini digunakan untuk mengambil gambar layar pada halaman bergulir ke bawah seperti halaman menu pengaturan atau website.

Usapan Tangan

Screenshot Usapan Tangan Samsung
Kalau sobat kurang nyaman dengan cara diatas, smartphone Samsung M51 memiliki solusi lain dengan mengusap telapak tangan pada layar untuk melakukan screenshot.

  1. Pergi ke Pengaturan atau Settings dan tap pada menu Fitur Lanjutan.
  2. Pada menu fitur lanjutan sobat pilih Gerakan dan Gesture.
  3. Selanjutnya geser ke kanan atau tap pada tombol Usapkan telapak tangan untuk mengambil atau Palm Swipe To Capture untuk mulai mengaktifkan.
  4. Setelah itu buka area yang akan di ambil tangkapan layar.
  5. Taruh tangan sobat di layar dalam posisi seperti berjabat tangan lalu usapkan ke samping.
  6. Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa telah berhasil mengambil tangkapan layar di ponsel Samsung M51 sobat.
  7. Anda bisa melakukan sedikit editing pada hasil screenshot, seperti crop gambar dan sebagainya

Sebagai smartphone Samsung yang tergolong baru, Galaxy M51 sudah hadir dengan kemampuan screenshot yang menggunakan gestur tangan. Cukup usap layar dari kiri ke kanan menggunakan telapak tangan.

Akhir Kata

Bisa dibilang keempat cara screenshot ini dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, namun screenshot dengan usapan telapak tangan menurut TeknoDua merupakan cara yang paling simpel dan cepat.

Itulah beberapa cara screenshot Samsung Galaxy M51 yang dapat sobat lakukan untuk menyimpan beberapa tangkapan penting di layar ponsel. TeknoDua harap tutorial ini berguna buat para pemilik Samsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.