Lompat ke konten

Cara Multi Window Samsung M21, M22 Berbagi Layar

Apakah kamu ingin memanfaatkan layar ponsel untuk multi window? Seperti yang sudah kita ketahui bersama, Hp Samsung M21 dan Galaxy M22 berukuran lebih dari 6 inci. Dengan layar seluas ini, mengapa tidak menggunakan layar belah pada ponsel kamu.

Sebagian besar smartphone Android terbaru, termasuk Samsung sudah membekali ponsel mereka dengan layar berukuran jumbo sehingga akan lebih nyaman untuk menjalankan dua aplikasi secara bersamaan atau yang biasa kita kenal dengan istilah Split Screen.

Multi Window atau Split screen pertama kali dihadirkan oleh Google pada Android 7.0 Nougat dan saat ini fitur ini semakin berkembang bahkan muncul fitur lain yang mirip cara kerjannya seperti Pop UP View.

Tertarik ingin mencobanya? Silahkan simak cara split screen di Hp Samsung M21 atau M22 berikut ini.

Cara Split Screen Samsung Galaxy M21 / M22

Fitur Split screen ini sangat berguna bagi pengguna yang suka menjalankan multitasking. Pasalnya fitur ini akan memudahkan untuk membuka 2 aplikasi dalam satu layar. Contoh sederhananya, saat menonton film kamu bisa sambil membalas pesan seseorang teman atau pacar tanpa perlu repot menutup video player atau beralih antar aplikasi.

Jika kamu ingin memanfaatkan fitur layar pisah ini, berikut adalah langkah-langkah menggunakan split screen di ponsel Samsung M21 dan Galaxy M22.

Buka Aplikasi Yang Support Split Screen

Buka dulu aplikasi yang ingin kamu jadikan layar terpisah misalkan Youtube, Whatsapp, Facebook, Telegram, Chrome dan lainnya. Ingat ya, tidak semua aplikasi bisa di layar terbagi. Jika aplikasi yang kamu inginkan tidak mendukung lihat di halaman bawah trik agar aplikasi tersebut support split screen.

Tap Tombol Recents

Tombol Recent Samsung
Sekarang tap tombol Recents yang ada di bawah layar bergambar seperti pagar (jika bingung lihat screenshot di atas). Nanti akan muncul semua aplikasi yang baru saja kamu buka.

Pilih Buka dalam layar pisah

Buka dalam tampilan layar pisah
Pilih aplikasi yang ingin digunakan untuk split screen. Ketuk dan tahan ikon aplikasi lalu pilih Buka dalam tampilan layar pisah ( Open in split screen view).

Pilih Aplikasi Kedua

Tampilan Split screen samsung
Setelah itu layar akan terbagi dua, di layar bawah, pilih aplikasi kedua yang ingin digunakan pada layar belah. Sekarang aplikasi akan muncul dalam Mode Split Screen.

Jika ingin mengubah ukuran layar terbagi di kedua aplikasi, cukup tarik garis biru yang ada di tengah ke atas atau ke bawah. Bagi yang ingin menutup split screen tekan tombol Home atau tombol Recents.

Cara Menggunakan Pop Up View

Fitur Pop Up View Samsung
Fitur multi tasking lainnya yang ada di smartphone Samsung adalah Pop up View. Fitur ini memungkinkan kita menempatkan aplikasi mengambang di layar dan posisinya bisa kita geser-geser sesuka hati. Untuk cara mengaktifkan Pop up view hampir sama dengan split screen.

  1. Silahkan bukan Hp Samsung kamu lalu ketuk tombol Recents.
  2. Berikutnya pilih aplikasi yang akan di gunakan dalam mode pop up lalu tap ikon aplikasi tersebut.
  3. Kemudian pilih Pop up view atau Buka dalam tampilan pop-up.
  4. Selanjutnya aplikasi tersebut akan tampil di layar dalam mode popup.

Gimana? sangat mudah bukan cara menggunakan Pop up view di Samsung. Kamu bisa menambahkan tiga atau lebih aplikasi dalam satu layar dengan mode Popup.

Tips Multi Windows Untuk Semua Aplikasi

Multi Window Untuk Semua Aplikasi Samsung
Untuk pengguna yang ingin menggunakan aplikasi favorit tapi tidak mendukung split screen, jangan khawatir coba gunakan tips berikut ini.

  1. Silahkan buka menu Pengaturan di Hp Samsung.
  2. Kemudian tap Fitur Lanjutan.
  3. Berikutnya pilih Labs dan silahkan aktifkan Multi Window untuk semua aplikasi.
  4. Sekarang cek apakah aplikasi yang tadi tidak mendukung sekarang sudah bisa di split screen.

Demikianlah panduan bagaiman cara split screen Hp Samsung M21 dan M22. Semoga panduan ini bermanfaat buat kalian semua. Selain tips layar belah, TeknoDua juga sudah membagikan artikel menarik lainnya seperti cara screenshot Samsung Galaxy M12.