Cara Screenshot Samsung M21 Panjang, Asisten dan Tombol

Sebagian besar ponsel Samsung terbaru salah satunya Galaxy M21 sudah dilengkapi dengan fitur screenshot. Sehingga saat ingin mengabadikan tampilan layar, sobat tak perlu lagi memasang aplikasi tambahan.

Samsung Galaxy M21 bisa menjadi pilihan tepat bagi pengguna yang ingin memiliki ponsel berkualitas. Layar tajam FHD+ dengan resolusi 1080 x 2340 piksel dan teknologi layar Super Amoled. Sangat nyaman untuk nonton film maupun aktivitas multimedia lainnya.

Yang suka gaming juga akan merasa puas berkat penggunaan prosesor Exynos 9611 yang akan mendapatkan suplai daya dari baterai besar hingga 6000 mAh. Tidak hanya menonjolkan performa, Samsung M21 juga sangat baik mengenai memotret karena telah memuat tiga kamera utama.

Smartphone yang menjalankan sistem operasi Android 11 ini dihadirkan dengan antarmuka One UI 3.1 yang memiliki berbagai fitur canggih. Salah satu fitur yang sering digunakan adalah screenshot atau tangkapan layar.

Prosedur Cara Mengambil Screenshot Samsung Galaxy M21

Cara Screenshot Samsung M21
Bagi pengguna yang sudah familiar dengan media sosial, pasti kita sudah tahu bagaimana cara mengambil screenshot dan membagikannya di media sosial. Bagi yang belum tahu cara screenshot layar HP Samsung M21, jangan khawatir karena caranya sangat mudah.

Untuk memanjakan penggunanya, Samsung membekali beberapa metode screenshot yang praktis. Metode yang jauh lebih simpel ini, memudahkan pengguna mengambil screenshot layar melalui menu asisten, gestur, tombol dan lain sebagainya.

1. Menu Asisten

Fitur screenshot pada Samsung M21 terdapat juga di menu asisten. Untuk memunculkan fitur ini, pastikan menu asisten sudah aktif.

Untuk cara mengaktifkan dan mengambil screenshot lewat menu asisten, simak panduan berikut.

  1. Masuk ke menu Pengaturan.
  2. Ketuk menu Aksesibilitas.
  3. Pilih opsi Interaksi dan Kecekatan.
  4. Geser toggle untuk mengaktifkan fitur Menu Asisten.
  5. Pada bagian layar sebelah kanan nanti muncul menu pintasan.
  6. Langkah berikutnya, pilih bagian layar yang akan di capture.
  7. Buka Menu Asisten.
  8. Kemudian Anda tap Gambar Layar atau Screenshot.

Fitur ini bisa di temukan di berbagai ponsel Samsung lainnya. Sobat dapat menggunakan tangkapan layar melalui menu asisten untuk mengurangi penggunaan tombol agar lebih tahan lama.

2. Menggunakan Tombol

Fitur ini cukup memudahkan pengguna karena dapat mempersingkat waktu saat melakukan tangkapan layar daripada menggunakan Menu Asisten.

Disini TeknoDua akan memberikan tutorial cara screenshot Samsung M21 dengan menekan tombol.

  1. Pilih area yang akan Anda screenshot
  2. Selanjutnya, tekan tombol Volume Bawah dan Daya secara bersamaan.
  3. Apabila layar berkedip dan terdengar suara kamera, artinya telah berhasil mengambil screenshot.
  4. Hasil screenshot akan tersimpan di aplikasi Gallery.

Meski screenshot menggunakan tombol sudah jarang digunakan, tapi cara ini menurut TeknoDua paling praktis. Kita tidak perlu repot mengaktifkannya, karena memang sudah langsung bisa digunakan. Tapi sebaiknya gunakan saat mendesak saja agar tombol tidak cepat rusak.

3. Screenshot Panjang

Semua smartphone Samsung terbaru tersemat fitur screenshot panjang. Anda bisa membuat cuplikan layar pada halaman bergulir. Fitur canggih ini tentu akan mempermudah menyimpan screenshot secara cepat.

Bagaimana cara screenshot panjang pada Samsung M21? Simak caranya di bawah ini.

  1. Buka menu Settings (Pengaturan) » Advanced Features (Fitur Lanjutan) » Screenshot atau Gambar Layar.
  2. Silahkan geser slider Screenshot toolbar atau Bilah alat gambar layar untuk mengaktifkanya.
  3. Buka layar mau kamu screenshot panjang, misalnya Telegram yang menampilkan seluruh percakapan dengan mantan.
  4. Kemudian ambil screenshot di Samsung M21 menggunakan kombinasi tombol power + volume down, via menu asisten atau mengesek layar dengan telapak tangan.
  5. Setelah muncul bilah alat, ketuk Scroll Capture (ikon panah ke bawah) untuk mengulir halaman.

Secara otomatis sistem akan langsung mengambil tangkapan layar ponsel dan langsung tersimpan di aplikasi galeri Samsung.

Kesimpulan

Bagi pengguna yang menginginkan screenshot dengan cara cepat dan simple silahkan menggunakan tombol tapi jika ingin tombol power dan volume lebih awet lakukan melalui fitur menu asisten.

Itu tadi cara mudah screenshot di Samsung Galaxy M21. Anda tidak perlu lagi repot menggunakan aplikasi ataupun meroot ponsel Anda hanya untuk tangkapan layar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *